KONSEP DAN KEBIJAKAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DI KABUPATEN BANDUNG indonesia

Main Article Content

Asep Hidayat

Abstract

Abstract
Education obtained at an early age greatly affects the development of children both psychomotor
development of the brain, and child behavior and achievement when entering adulthood, especially the
reach the future of the nation as the next generation must be equipped with education and cultivation of
humanity values and personality and karaktek. Equity of early childhood education in various regions is
not evenly distributed there are only a few places for rural areas this is caused by the level of knowledge
and insight parents who do not understand and the environment that affect. While for urban areas,
especially people, the importance of early education because the level of understanding and intellectual is
so high, it is a motivation for the government to commit to early childhood education so important to
meet the needs of the community for education, policies that support this education has been issued basic
law for the organizer, among others, the Decree of the Minister of Education, the Law on Education and
the regional level by the Decree of the Head of Region. Government dalah this course can facilitate both
building facilities and play facilities for children's games in the room and outdoor games.
Abstrak
Pendidikan yang diperoleh pada usia dini sangat mempengaruhi perkembangan anak baik psikomotorik
perkembangan otak, dan perilaku anak serta prestasi anak ketika memasuki usia dewasa terutama
jangkauan ke depan bangsa sebagai generasi penerus. Hal ini tentunya harus dibekali dengan pendidikan
dan penanaman nilai-nilai kemanusian serta kepribadian dan karaktek. Pemerataan pendidikan anak usia
dini di berbagai daerah memang belum merata hanya ada beberapa tempat saja untuk daerah pedesaan hal
ini diakibatkan oleh tingkat pengetahuan dan wawasan orangtua yang kurang paham dan lingkungan yang
mempengaruhi. Sementara untuk daerah perkotaan khususnya masyarakat merasakan pentingnya
pendidikan usia dini karena tingkat pemahaman dan intelektual sudah begitu tinggi. Hal ini merupakan
motivasi bagi pemerintah untuk berkomitmen terhadap pendidikan usia dini begitu penting untuk
memenuhi kebutuhan masyarakat akan pendidikan, kebijakan yang mendukung terhadap pendidikan ini
telah dikeluarkan dasar hukum bagi penyelenggaraanya antara lain keputusan Menteri pendidikan,
Undang-undang tentang pendidikan dan tingkat daerah dengan Surat Keputusan Kepala Daerah.
Pemerintah dalam hal ini tentunya dapat memfasilitasi baik sarana bangunan maupun sarana bermain bagi
ana, alat permainan dalam ruangan maupun alat permainan diluar ruangan.
Kata kunci: Kebijakan, pendidikan, anak usia dini

Article Details

How to Cite
Asep Hidayat. (2020). KONSEP DAN KEBIJAKAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DI KABUPATEN BANDUNG: indonesia. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Al-Idarah, 2(2), 81–87. https://doi.org/10.54892/jmpialidarah.v2i2.13
Section
Articles