PENERAPAN METODE HIWAR DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA ARAB DI MTs. MAMBA’UL ULUM MARGOYOSO TANGGAMUS Indonesia
Main Article Content
Abstract
Abstact
The purpose of this study is to describe the application of the Hiwar method in improving the learning achievement of Grade VII students in Arabic lessons at MTs. Mamba'ul Ulum Margoyoso, Tanggamus. This type of research is qualitative research with data collection techniques through observation, interviews and documentation. Based on the results of the analysis it can be concluded that the application of the hiwar method in the process of learning Arabic in MTs. Mamba'ul Ulum Margoyoso, Tanggamus has gone well and has a positive impact including students being motivated to improve their learning achievement and the level of activity of students in the process of learning Arabic has increased, and the value of these learning outcomes is getting better.
Keywords: Hiwar Method, Learning Arabic
Abstak
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan metode Hiwar dalam meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VII pada pelajaran bahasa Arab di MTs. Mamba’ul Ulum Margoyoso, Tanggamus. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa penerapan metode hiwar dalam proses pembelajaran bahasa Arab di MTs. Mamba’ul Ulum Margoyoso, Tanggamus sudah berjalan dengan baik dan berdampak positif diantaranya adalah siswa menjadi termotivasi untuk meningkatkan prestasi belajar dan kadar keaktifan siswa dalam proses belajar bahasa Arab menjadi meningkat, dan nilai hasil pembelajaran tersebut semakin baik.
Kata Kunci : Metode Hiwar, Pembelajaran Bahasa Arab