PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN Indonesia
Main Article Content
Abstract
Abstrak
Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan perencanaan peningkatan mutu sekolah, strategi kepala sekolah dalam peningkatan mutu pendidikan, kendala yang dihadapi dalam meningkatkan mutu pendidikan, solusi mengatasi kendala yang dihadapi dalam meningkatkan mutu pendidikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan deskriptif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan kepala sekolah sebagai seorang manajer berperan: (1) merencanakan program dengan merinci kebutuhan pendidik dan tenaga kependidikan yang akan menjalankan tugas, merencanakan kurikulum yang akan dijalankan, merencanakan kebijakan penambahan mata pelajaran bimbingan konseling dengan waktu dua jam per minggu; (2) membuat struktur organisasi yang melibatkan orang tua murid melalui komite sekolah dan melengkapi sarpras yang dibutuhkan; (3) Memberi contoh yang baik dan tenang dalam bekerja, memberi motivasi dan penghargaan terhadap personilnya baik moril maupun materil, meningkatan kesejahteraan, mengikutsertakan pendidik dan tenaga kependidikan dalam diklatdiklat dan memotivasi guru senior agar memiliki semangat life long education; (4) mengawasi output, dan peserta didik mulai dari proses penerimaan sampai selesai sekolah. (5) adapun hambatan yang dialami adalah adanya personil yang masih tidak disiplin, kurangnya komunikasi antara kepala sekolah dengan sebagian personil.
Kata kunci : Strategi kepala sekolah,mutu pendidikan
Abstract
The objective research to describe planning to increase school quality, prinsipal strategy in improving quality of education, obstacles in improving quality of education, solution to evertime obstacles in improving quality of education. This study used qualitative approach.The results of the study used the principal’s as a manager: (1) plans programs by specifying the needs for teachers and educational personnel who will carry out duties, programs in the form of policies and the curriculum that will be implemented, and policies to add the time slot for the guidance and counseling subject by two hours a week; (2) makes an organizational structure by involving students’ parents through the school committee and completing infrastructure facilities that the school needs; (3) gives examples of how to work well and calmly, motivation, and rewards to the personnel morally and materially, improves welfare, sends teachers and educational personnel to trainings, and motivates senior teachers to havespirit of lifelong education; and (4) controls the output, teaching, and students from the enrolment to the graduation. (5) The constraints include the facts that there are personnel who are not disciplined, there is a lack of communication between the principal and some of the personnel, and the school operation aid funds do not match the school’s needs.
Keywords : Strategy Principal,education quality