PROBLEMATIKA PENERAPAN BERBICARA BAHASA ARAB DI PONDOK PESANTREN DAARUL KHAIR KOTABUMI
Main Article Content
Abstract
ABSTRAK
Sebagai disiplin ilmu tersendiri, bahasa Arab mempunyai sistem dan struktur yang unik. Belajar bahasa Arab sama seperti belajar bahasa asing lainnya. Dengan kata lain, tujuannya adalah untuk melatih keterampilan berikut: mendengarkan, berbicara, membaca dan menulis. Observasi penulis di Pondok Pesantren Daarul Khair Kotabum pada tanggal 1 November 2023 banyak terdapat permasalahan serius dalam pembelajaran bahasa Arab, diantaranya adalah pendidikan santri dan Daarul Khair tidak MI. sekolah dasar Di sekolah umum, sulit untuk mengisi kelas bahasa Arab dengan bahasa yang belum pernah mereka pelajari sebelumnya, sehingga siswa kesulitan menerjemahkan, mengingat, dan berbicara bahasa Arab sambil mempelajarinya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan fenomenologi. 1. Masalah siswa A. Kurangnya pemahaman siswa terhadap apa yang disampaikan guru b. Kurangnya minat siswa dalam belajar 2. Permasalahan guru dalam belajar bahasa Arab a. Kurangnya pengetahuan guru di kelas dan kepemimpinan siswa b. Pelaksanaan fungsi administrasi antar individu dalam organisasi madrasah belum terdistribusi secara maksimal. Permasalahan dalam pembelajaran Muhadatsah adalah tidak semua siswa dapat berbicara bahasa Arab karena kurangnya rasa percaya diri dan ketidaktahuan terhadap kosakata siswa saat ini, karena sulitnya siswa memahami kata-kata dengan baik. Kurangnya pengetahuan siswa dalam penggunaan materi dan struktur saat ini menghalangi mereka untuk memahami muhadacha dan kosa kata. Akibatnya tidak ada cara untuk berbicara atau berbahasa Arab.
Kata Kunci : Problematika Berbicara Bahasa Arab, Pondok Pesantren Daarul Khair Kotabumi, Guru dan Santri