PENERAPAN PERMAINAN BAHASA DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS SISWA KELAS X PADA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MTs N 1 MERBAU MATARAM LAMPUNG SELATAN
Main Article Content
Abstract
Menulis adalah sebuah keterampilan berbahasa yang terpadu, yang ditunjukan untuk menghasilkan sesuatu yang disebut tulisan, Keterampilan menulis juga merupakan keterampilan produktif yang kompleks sehingga guru harus selalu berupaya menemukan setrategi atau metode pembelajaran yang inovatif untuk membantu siswa dalam keterampilan menulis. Dan Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran keterampilan menulis pada mata pelajaran bahasa Arab dengan menggunakan permainan bahasa dan untuk mengetahui apakah permainan Bahasa dapat meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas X di MTs Negeri 1 Merbau Mataram Lampung Selatan.
Metode penelitian yang peniliti gunakan dalam proses penelitian ini adalah penelitian Tindakan kelas (PTK), dalam proses penelitianya, peneliti menggunakan dua siklus yang di setiap siklus terdapat Perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Metode pengumpulan data yang peneliti gunakan adalah observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Pembelajaran dengan menggunakan permainan bahasa pada penelitian ini dinyatakan berhasil jika terjadi peningkatan keterampilan menulis siswa ≥ 70% pada sesi terakhir. Adapun hasil penelitian ini adalah Penerapan permainan bahasa dapat meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas X di MTs Negeri 1 Merbau Mataram Lampung Selatan, hal ini terlihat dari peningkatan kemampuan menulis siswa MTs Negeri I Mirbau Mataram dari nilai pre-test hanya sebesar 25%, kriteria ketuntasan minimal mencapai 4545% pada siklus I dan nilai 81,81% pada siklus II.