MENERAPKAN NILAI ISLAM DALAM PENGEMBANGAN MUTU PENDIDIKAN TERKAIT MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA indonesia

Main Article Content

Handika
Yogie Dwi Saputra

Abstract

ABSTRAK
Manajemen sumber daya manusia adalah suatu bidang manajemen khusus yang mempelajari hubungan
dan peranan manusia dalam suatu organisasi. Manusia adalah tenaga kerja yang bekerja dalam suatu
perusahaan. Salah satu faktor suatu pendidikan bisa berkembang adalah adanya manajemen sumber daya
manusia yang baik dan sesuai dengan nilai-nilai Islam. Dengan adanya sumber daya manusia yang berkualitas
akan dapat berpengaruh pada proses dan kemajuan yang lebih baik dalam bidang pendidikan tersebut.
Meningkatkan sumber daya manusia menjadi semakin penting untuk institusi yang digunakan untuk
mendapatkan kontrol yang lebih baik melalui lembaga mereka sendiri. Lembaga harus menunjukkan bahwa
mereka mampu memberikan pendidikan yang berkualitas untuk pelajar. Untuk setiap institusi, kualitas adalah
agenda dan kualitas utama perbaikan adalah tugas yang paling penting. Salah satu yang harus di perhatikan
dalam Manajemen sumber daya manusia di Indonesia ini adalah peningkatan kualitas mutu pendidikan dengan
tujuan untuk mengubah institusi yang mengoperasikannya menjadi tim yang tulus, tanpa konflik dan persaingan
internal, untuk mencapai satu tujuan, yaitu untuk kemajuan pendidikan yang lebih baik.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Perencanaan sumber daya untuk meningkatkan mutu pendidikan
seleksi dan orientasi, serta penempatan sumber daya manusia secara profesional. Pelaksanaan sumber daya
dilakukan dengan kegiatan pendidikan, pelatihan dan pengembangan sumber daa manusia yang berperan dalam
peningkatan mutu pendidikan yang berkualitas sesuai nilai-nilai islam.
Kata kunci: Manajemen, Sumber Daya Manusia, Peningkatan dan Kualitas mutu pendidikan
Abstract
Human resource management is a specialized management field that studies the relationships and roles of
humans in an organization. Humans are workers who work in a company. One of the factors that can develop
education is the existence of good and appropriate human resource management in accordance with Islamic
values. With the existence of quality human resources will be able to influence the process and better progress in
the field of education. Increasing human resources is becoming increasingly important for institutions that are
used to gain better control through their own institutions. Institutions must show that they are able to provide
quality education for students. For each institution, quality is the agenda and the main quality of improvement is
the most important task. One of the things that must be considered in human resource management in Indonesia
is to improve the quality of education with the aim of changing the institutions that operate it into a sincere
team, without conflict and internal competition, to achieve a goal, namely for the betterment of education.
The results of this study indicate that: Planning resources to improve the quality of education selection and
orientation, as well as the placement of human resources in a professional manner. The implementation of
resources is carried out through educational activities, training and development of human resources that play a
role in improving the quality of quality education in accordance with Islamic values.
Keywords: Management, Human Resources, Improvement and Quality of education quality

Article Details

How to Cite
Handika, & Yogie Dwi Saputra. (2020). MENERAPKAN NILAI ISLAM DALAM PENGEMBANGAN MUTU PENDIDIKAN TERKAIT MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA: indonesia. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Al-Idarah, 4(2), 47–52. https://doi.org/10.54892/jmpialidarah.v4i2.51
Section
Articles

References

H. tahir wahid. abd., 2017, Pengembangan

manajemen sumber daya manusia terhadap

peningkatan mutu pendidikan, Vol. VI,

Nomor 1, januari-juni 2017

Ahmad, Dzaujak, Penunjuk Peningkatan Mutu

pendidikan di sekolah Dasar, Jakarta:

Depdikbud 1999

Departemen Agama, Al-Quran dan Terjemahnya,

Semarang: Toha Putra. 2001.

Hafidudin, Didin, dan Hendri Tanjung, Manajemen

Syariah dalam Prakatik, Gema Insani,

Jakarta, 2003.

Hamalik, Oemar, Evaluasi Kurikulum, Bandung:

Remaja Rosda Karya,1990.

Mulyasa, E., Kurikulum Berbasis Kompetensi,

Konsep, Karakteristik, dan Implementasi,

Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. 2002.

Nasution, M.N., Manajemen Mutu Terpadu,

Jakarta: Ghalia Indonesia. 2004.

Prawirosentono, Suryadi. Filosofi Baru Tentang

Manajemen Mutu Terpadu, Jakarta,

PT.Bumi Aksara. 2002.

Qomar, Mujamil, Epistimologi Pendidikan Islam

dari Metode Rasional hingga Metode Kritik,

Jakarta: Erlangga, 2005.

Ramayulis, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Kalam

Mulia. 2008.

Rosyada, Dede, Paradigma Pendidikan Demokatis,

Jakarta: Kencana 2004.

Sallis, Edward, Total Quality Management, terj.,

Ahmad Ali Riyadi, Yogyakarta: Ircisod.

Sulistyorini, Manajemen Pendidikan Islam;

Konsep, Strategi dan Aplikasi, Yogyakarta:

TERAS. 2009.

Syafaruddin dan Irwan Nasution, Manajemen

Pembelajaran, Jakarta: Quantum Teaching.

Syafaruddin, Manajemen Lembaga Pendidikan

Islam, Jakarta: Ciputat Press. 2005.

Terry, George R., dan Leslie W. Rue, Dasar-Dasar

Manajemen, terj. G.A Ticoalu. Cet. Ketujuh,

Jakarta: Bumi Aksara. 2000..

Syafaruddin, Manajemen Mutu Terpadu dalam

Pendidikan, (Jakarta: Grasindo 2002),

hal.19.

Dede Rosyada, Paradigma Pendidikan Demokatis,

(Jakarta: Kencana 2004), hal. 37.

Suryadi Prawirosentono, Filosofi Baru Tentang

Manajemen Mutu Terpadu, (Jakarta,

PT.Bumi Aksara. 2002), hal. 12.

MN Nasution, Manajemen Mutu Terpadu, (Jakarta:

Ghalia Indonesia. 2000), hal. 28.

George R. Terry dan Leslie W. Rue, Dasar-Dasar

Manajemen, terj. G.A Ticoalu. Cet. Ketujuh,

(Jakarta: Bumi Aksara. 2000), hal. 1.

Sulistyorini, Manajemen Pendidikan Islam;

Konsep, Strategi dan Aplikasi, (Yogyakarta:

TERAS. 2009), hal. 13

Sunber Internet:

https://tujuhkoto.wordpress.com/2010/06/21/manaj

emen-peningkatan-mutu-pendidikan-islam/ diakses

mei 2019

https://educational4net.blogspot.com/2010/06/mana

jemen-peningkatan-mutu-pendidikan.html.

diakses 6 mei 2019