PENGEMBANGAN ALAT PERAGA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI PERKALIAN BERBASIS MONTESSORI indonesia

Main Article Content

Apri Wahyudi
Choirudin

Abstract

Abstract
This study aims to develop a learning tool to determine the results of multiplication of students to create a
learning process that will be more interesting and fun. With the existence of Montessori teaching aids,
this will improve the quality of the school and will be more advanced in the teaching and learning
process. This study uses the Research and Development (R & D) method that produces a product, and
tests the effectiveness of the product. From the results of the validation by material experts, media
experts, mathematicians can be seen, the results of the validation of the material experts fall into the very
feasible category. And screening trials by teachers and students fall into the category of proper use.
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan alat peraga motessori menentukan hasil Perkalian siswa
untuk mencipkatan proses pembelajaran akan menjadi lebih menarik dan menyenangkan. Dengan adanya
alat peraga Montessori ini akan meningkatkan kualitas sekolah dan akan lebih maju lagi dalam proses
belajar mengajar. Penelitian ini menggunakan metode Reseach and Development (R&D) yang
menghasilkan suatu produk, serta menguji keefektifan produk tersebut. Dari hasil validasi oleh ahli
materi, ahli media, ahli matematika dapat diketahui, hasil validasi terhadap ahli materi masuk dalam
kategori sangat layak. Dan ujicoba pemkaian oleh guru dan siswa masuk dalam kategori layak digunakan

Article Details

How to Cite
Apri Wahyudi, & Choirudin. (2020). PENGEMBANGAN ALAT PERAGA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI PERKALIAN BERBASIS MONTESSORI: indonesia. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Al-Idarah, 4(2), 33–39. https://doi.org/10.54892/jmpialidarah.v4i2.49
Section
Articles

References

Abdurrahman, Mulyono. Kesulitan Belajar.

Jakarta, 2012.

Anas, Muhammad, Alat Peraga Dan Media

Pembelajaran. Pratinjau, 2016.

Arsyad, Azhar Media Pembelajaran. Jakarta,

Endramoyo, Wiku Cakramatemawiku. Jakarta:

Indokam, 2018.

Heruman, Pembelajaran Matematika. Bandung,

Okti, Hidayatul Mukarromah dkk

"Pengembangan Alat Peraga

Montessori Untuk Meningkatkan

Kemampuan Berhitung Kelas III".

(2018)

Rachmayani, Dwi “Penerapan Pembelajaran

Reciprocal Teaching Untuk

Meningkatkan Kemampuan

Komunikasi Matematis Dan

Kemandirian Belajar Matematika

Siswa” 2, no. 1 (2014).

Sringki, Resi. “Meningkatkan Kemampuan

Operasi Perkalian Bagi

AnakBerkesulitan Belajar Kelas IV

Melalui Strategi Pembelajaran

Langsung” 3, no. 3 (2011).

Sugiono, Sugiono, Metode Penelitian

Pendidikan Kuantitatif,Kualitatif, Dan

R&D, Alfabeta, Bandung: 2009.

Sundaya, Rostiana Media dan Alat Peraga

Dalam Pembelajaran Matematika,

Bandung: 2016.

Utari, Sri. “Meningkatkan Prestasi Belajar

Matematika Materi Perkalian Dan

Pembagian Siswa Kelas 111 SDN 2

Baruharjo Kecamatan Durenan

Kabupaten Trenggalek Dengan Model

Belajar Konstruktivisme Semester 1

Tahun 2015/2016” 5, no. 1 (2016)