PENGEMBANGAN ALAT PERAGA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI PERKALIAN BERBASIS MONTESSORI indonesia
Main Article Content
Abstract
Abstract
This study aims to develop a learning tool to determine the results of multiplication of students to create a
learning process that will be more interesting and fun. With the existence of Montessori teaching aids,
this will improve the quality of the school and will be more advanced in the teaching and learning
process. This study uses the Research and Development (R & D) method that produces a product, and
tests the effectiveness of the product. From the results of the validation by material experts, media
experts, mathematicians can be seen, the results of the validation of the material experts fall into the very
feasible category. And screening trials by teachers and students fall into the category of proper use.
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan alat peraga motessori menentukan hasil Perkalian siswa
untuk mencipkatan proses pembelajaran akan menjadi lebih menarik dan menyenangkan. Dengan adanya
alat peraga Montessori ini akan meningkatkan kualitas sekolah dan akan lebih maju lagi dalam proses
belajar mengajar. Penelitian ini menggunakan metode Reseach and Development (R&D) yang
menghasilkan suatu produk, serta menguji keefektifan produk tersebut. Dari hasil validasi oleh ahli
materi, ahli media, ahli matematika dapat diketahui, hasil validasi terhadap ahli materi masuk dalam
kategori sangat layak. Dan ujicoba pemkaian oleh guru dan siswa masuk dalam kategori layak digunakan
Article Details
References
Abdurrahman, Mulyono. Kesulitan Belajar.
Jakarta, 2012.
Anas, Muhammad, Alat Peraga Dan Media
Pembelajaran. Pratinjau, 2016.
Arsyad, Azhar Media Pembelajaran. Jakarta,
Endramoyo, Wiku Cakramatemawiku. Jakarta:
Indokam, 2018.
Heruman, Pembelajaran Matematika. Bandung,
Okti, Hidayatul Mukarromah dkk
"Pengembangan Alat Peraga
Montessori Untuk Meningkatkan
Kemampuan Berhitung Kelas III".
(2018)
Rachmayani, Dwi “Penerapan Pembelajaran
Reciprocal Teaching Untuk
Meningkatkan Kemampuan
Komunikasi Matematis Dan
Kemandirian Belajar Matematika
Siswa” 2, no. 1 (2014).
Sringki, Resi. “Meningkatkan Kemampuan
Operasi Perkalian Bagi
AnakBerkesulitan Belajar Kelas IV
Melalui Strategi Pembelajaran
Langsung” 3, no. 3 (2011).
Sugiono, Sugiono, Metode Penelitian
Pendidikan Kuantitatif,Kualitatif, Dan
R&D, Alfabeta, Bandung: 2009.
Sundaya, Rostiana Media dan Alat Peraga
Dalam Pembelajaran Matematika,
Bandung: 2016.
Utari, Sri. “Meningkatkan Prestasi Belajar
Matematika Materi Perkalian Dan
Pembagian Siswa Kelas 111 SDN 2
Baruharjo Kecamatan Durenan
Kabupaten Trenggalek Dengan Model
Belajar Konstruktivisme Semester 1
Tahun 2015/2016” 5, no. 1 (2016)