SENI PEMBELAJARAN MATEMATIKA SEKOLAH DASAR indonesia
Main Article Content
Abstract
Abstract
Learning mathematics is an artistic value. But it will be a lesson in the "specter" category for some students
when math teachers are able to apply fun learning strategies. Need concern for students and carefulness of
their abilities with high detail. In the learning process and mathematics learning outcomes students are not
only determined by the school, the pattern of the structure and contents of the curriculum, but most are
determined by the ability of teachers who teach and guide learning that is effective, fun and will be better able
to manage their classes so that student learning is at a level optimal. The teacher must have the courage to
change and perfect himself with the demands of a continuous era, besides that he must dare to examine the
shortcomings in all aspects in carrying out their duties, able to provide opportunities for learning in children
as broad as possible and willingness to perfect various aspects of education. Learning mathematics can be an
art when the teacher starts a lesson by arousing student motivation, so students can concentrate at the
beginning of the meeting, and can receive the material delivered by a teacher well. Ending a lesson with
special, so students always miss the next meeting.
Keywords: Art, Mathematics, Elementary School
Abstrak
Pembelajaran matematika merupakan suatu nilai seni. Akan tetapi menjadi pelajaran dengan kategori
“momok” bagi sebagian siswa saat guru matematika yang mampu menerapkan strategi pembelajaran yang
menyenangkan. Perlu kepedulian terhadap siswa dan kejelian terhadap kemampuannya dengan detail yang
tinggi. Dalam proses belajar dan hasil belajar matematika siswa bukan saja ditentukan oleh sekolah, pola
struktur dan isi kurikulumnya, akan tetapi sebagian besar ditentukan oleh kemampuan guru yang mengajar
dan membimbing belajar yang efektif, menyenangkan dan akan lebih mampu mengelola kelasnya sehingga
belajar para siswa berada pada tingkat optimal. Guru harus berani mengubah dan menyempurnakan dirinya
dengan tuntutan zaman yang terus menerus, selain itu juga dia harus berani meneliti kekurangan-kekurangan
di segala segi dalam menjalankan tugasnya, mampu memberi kesempatan belajar pada anak yang seluasluasnya dan kesediaan menyempurnakan berbagai aspek pendidikan. Pembelajaran matematika dapat menjadi
sebuah seni apabila guru memulai suatu pelajaran dengan membangkitkan motivasi siswa, sehingga siswa
dapat berkonsentrasi pada awal pertemuan, dan dapat menerima materi yang disampaikan seorang guru
dengan baik. Mengakhiri suatu pelajaran dengan istimewa, agar siswa selalu merindukan pertemuan
berikutnya.
Kata Kunci: Seni, Matematika, SD
Article Details
References
Ahmad Ahwan, Dimensi Etika Belajar Mengajar
Dalam Pendidikan Islam, Yogyakarta:
Gama Media, 2010
Alif Ringga Persada, Pengaruh Penggunaan
Metode Permainan Matematika, ©2016
by Department of Mathematics
Education, UMP Purwokerto, Indonesia
ISSN 2477-409X and website:
Buchari Alma, Guru Profesional Menguasai
Metode dan Terampil Mengajar,
Bandung: Alfabeta, 2009
Choirudin, “Efektivitas Pembelajaran Berbasis
Schoology", Jurnal Numerical
Matematika dan Pendidikan Matematika,
DOI:
https://doi.org/10.25217/numerical.v1i2.1
, Print ISSN: 2356-2684, Online ISSN:
-2437.
docidn.com_makalah-perencanaan-seni-mengajarmatematika
Dwi Ari Istianto, Penggunaan Metode Inkuiri
Dalam Peningkatan Hasil Belajar
Matematika di Kelas V Sekolah Dasar,
http://download.portalgaruda.org/article.p
hp?article=108447&val=4073
Gatot Muhsetyo, Pembelajaran Matematika di
SD, (Jakarta: Universitas Terbuka, 2009),
h. 1.26
Georgina Maria Tinungki, Seni Mengajar Seorang
Guru Matematika Idaman Siswa,
Seminar Nasional Matematika dan
Pendidikan Matematika FMIPA UNY
Yogyakarta, 10 November 2012, h. 352-
Hope Hickman, An Investigation of the Duality
Between Art and Math, 2016, Honors
Research Projects.
http://gadiszhepadevi.blogspot.co.id/ Usaha Guru
dalam Memperbincangkan Pembelajaran
Matematika
https://www.brilio.net/news/10-alasan-kenapapelajaran-matematika-dibenci-banyakorang-151024p.html
https://www.vedicmathindonesia.com/matematika
-dalam-seni-dan-musik
Kadek Adi Wibawa, Herna. “Memahami
Matematika Melalui Resolusi Paradoks”,
, h. 3 diunduh dari
https://www.researchgate.net/publication/
Leo Adhar Effendi, Lembaga Penelitian dan
Pengabdian Kepada Masyarakat
Pembelajaran Matematika dengan
Metode Penemuan Terbimbing Untuk
Meningkatkan Kemampuan Representasi
dan Pemecahan Masalah Matematis
Siswa SMP, ISSN 1412-565X
http://jurnal.upi.edu/file/Leo_Adhar.pdf
Martha Riana Panjaitan, Pengaruh Metode Inkuiri
Terhadap Hasil Belajar Matematika
Ditinjau Dari Kemandirian Belajar
Siswa di SMP Negeri 3 Salatiga,
http://repository.uksw.edu/bitstream/123
/3641/2/T1_202009095_Full%20t
ext.pdf
Mohammad Ali, Guru dalam Proses Belajar
Mengajar, Bandung: Sinar Baru, 2013
Nana Sudjana, Cara Belajar Siswa Aktif,
Bandung: Sinar Baru Algensindo, 2014
Novi Dwi Jayanti, Mengajar Adalah Seni
Membangkitkan Rasa Ingin Tahu,
Makalah Tidak dipublikasi
Oemar Hamalik, Pendidikan Guru Berdasarkan
Pendekatan Kompetensi, Jakarta: Bumi
Aksara, 2012
_________, Proses Belajar Mengajar, Jakarta:
Bumi Aksara, 2013
Prisintia Wahyu Utami, Penerapan Metode
Permainan Untuk Meningkatkan
Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika
Kelas IV,
http://download.portalgaruda.org/article.p
hp?article=288777&val=7239&title=PE
NERAPAN%20METODE%20PERMAI
NAN%20UNTUK%20MENINGKATK
AN%20AKTIVITAS%20DAN%20HAS
IL%20BELAJAR%20MATEMATIKA%
KELAS%20IV
Pupuh Fathurrohman, M. Sobry Sutikno, Strategi
Belajar Mengajar Melalui Penanaman
Konsep Umum dan Konsep Islami,
Bandung: PT. Refika Aditama, 2011
Rahayu Ni’mal Maulaty,
https://www.kompasiana.com/rahayulala/
mengapa-matematika-dianggapsulit_54f677b4a33311e6048b4d86
Ruseffendi, E.T., Dasar-Dasar Matematika
Modern dan Komputer untuk Guru.
Bandung: Tarsito, 2010
Sardiman A.M, Interaksi & Motivasi Belajar
Mengajar, Jakarta: RajaGrafindo
Persada, 2013
Savas Akgul, Nihat Gurel Kahveci, “A Study on
the Development of a Mathematics
Creativity Scale”, Eurasian Journal of
Educational Research, Issue 62, 2016 h.
http://dx.doi.org/10.14689/ejer.2016.62.5
Slameto, Belajar & Faktor-faktor Yang
Mempengaruhinya, Jakarta: Rineka
Cipta, 2012
Syaiful Bahri Djamarah dan Aswan Zain, Strategi
Pembelajaran, Jakarta: Rineka Cipta,
Tarzimah Tambychika, Thamby Subahan Mohd
Meerahb, “Students’ Difficulties in
Mathematics Problem-Solving, What do
they Say? Procedia Social and
Behavioral Sciences 8, 2010. DOI:
http://dx.doi.org/10.1016/j.sbspro.2010.1
020
Tarzimah Tambychika, Thamby Subahan Mohd
Meerahb, “Students’ Difficulties in
Mathematics Problem-Solving, What do
they Say?”, Procedia Social and
Behavioral Sciences 8, 2010, h. 142.
DOI:
http://dx.doi.org/10.1016/j.sbspro.2010.1
020
W.S. Winkel, Psikologi Pendidikan dan Evaluasi
Belajar, Jakarta: Gramedia, 2004
Zerri Rahman Hakim, Jurnal Peningkatan
Kemampuan Matematis Melalui
Pendekatan Jarimatika
Zubaidah Amir, Mengungkap Seni Bermatematika
dalam Pembelajaran, Suska Journal of
Mathematics Education Vol. 1, No. 1,