IMPLEMENTASI STRATEGI ACTIVE LEARNING DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SDIT BAITUL JANNAH BANDAR LAMPUNG Indonesia
Main Article Content
Abstract
ABSTRACT
The aim of this research is to describe active learning strategy to increase the students’ achievement at IV grade in Baitul Jannah SDIT and to describe the implementation of active learning strategy in islamic education lesson in Baitul Jannah SDIT. The kind of this research is quantitative research with data collective isusing observation, interview and documentation. And for data analyze is using qualitative descriptive, that is not in numbers but words form, sentence or paraghraph in descriptive form.
Based on the result of the research can be concluded that aplly of active learning strategy in learning process of islamic education lesson in Baitul Jannah SDIT had been run well. When in teaching learning process thathad been done in the clas, such as students are active to ask the question that they have not understand yet, active to do the task that had been given by the teacher. Between the methodes that had been used in islamic education lesson in Baitul Jannlah SDIT that direct to active learning strategy is asking and answering method, demonstration method, guided teaching, jigsaw learning, sane age tutor, memorize, role play, demonstration, quiz, and others. The implemtation of active learning strategy in teaching learning process of islamic education lesson in Baitul Jannah SDIT gives the good result for example their score in raport book, beside of their good score with active learning strategy the islamic education lesson that delivered in the class can apply in daily activities such as students love to read quran, pray 5 times, duhha sunnah pray, and other religious activites in islam.
ABSTRAK
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan strategi active learning dalam meningkatkan prestasi belajar siswa kelas IV di SDIT Baitul Jannah, dan untuk mendeskripsikan implementasi strategi active learning pada mata pelajaran PAI di SDIT Baitul Jannah. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan tehnik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun untuk anlisis data digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif, yaitu analisis data bukan dengan angka-angka melainkan dalam bentuk kata-kata, kalimat atau paragraf yang dinyatakan dalam bentuk deskriptif.
Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi active learning dalam proses pembelajaran pendidikan agama Islam di SDIT Baitul Jannah sudah berjalan dengan baik. Hal tersebut terlihat pada saat proses belajar mengajar yang dilakukan didalam kelas, antara lain siswa aktif bertanya tentang pelajaran yang belum dimengerti,aktif mengerjakan tugas-tugas yang diberikan oleh guru. Diantara metode-metode yang digunakan dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di SDIT Baitul Jannah yang mengarah kepada strategi active learning adalah metode tanya jawab, metode demonstrasi, guided teaching, jigsaw learning, tutor sebaya, hafalan, bermain peran, demonstrasi, quis, dan lain sebagainya. Implementasi strategi active learning dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SDIT Baitul Jannah membuahkan hasil yang diharapkan seperti yang terlihat pada hasil nilai rapor mereka. Selain hasil nilai rapor yang baik dengan strategi active learning menjadikan pelajaran Pendidikan Agama Islam yang disampaikan di dalam kelas dapat teraplikasikan juga dalam kehidupan sehari-hari, misal siswa menjadi gemar mengaji, melaksanakan sholat wajib, sholat sunnah dluha, dan ibadah-ibadah lain yang dianjurkan dalam agama Islam.
Kata Kunci: Pendidikan Agama Islam, Pembelajaran, Active Learning
Article Details
References
Wina Sanjaya, Setrategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta: Kencana, 2008 ---------------, Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran, Jakarta: Kencana, 2008 Standar Nasional Pendidikan Beserta Delapan Peraturan-Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Tentang Standar Isi, Standar Kompetensi Lulusan, Standar Pengelolaan Pendidikan, Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Standar Sarana dan Prasarana, Standar Muhaimin, Paradigma Pendidikan Islam Upaya Mengaktifkan Pendidikan Agama Islam di Sekolah Bandung: Remaja Rosdikarya, 2001 Mel Silberman, Active Learning 101 Cara Strategi Pembelajaran Aktif, Yogyakarta: Yappendis, 2009 Martinis Yamin, Strategi, Metode dalam Model Pembelajaran, Jakarta: GP Press Group, 2013 Muzayyin Arifin, Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara, 2009 Armai Arief, Reformulasi Pendidikan Islam, Jakarta: CRSD PRESS, 2005 Standar Isi Pendidikan Agama Islam Sekolah Menengah Pertama (SMP), PERMENDIKNAS NO. 22 TAHUN 2006 Ismail SM, Strategi Pembelajaran Agama Islam Berbasis PAIKEM: Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif danMenyenangkan Semarang: RaSAIL Media Group, 2008 Moleong, Lexy. Metode Penelitian Kualitatif. Bandun g IKIP: CV Remaja Karya. 2002 Ahmad Susanto, M. P. (2016). Teori belajar dan pembelajaran di sekolah dasar. Kencana. Jihad, A. (2013). Menjadi guru profesional: Strategi meningkatkan kualifikasi dan kualitas guru di era global. Penerbit Erlangga. Susilana, R., Si, M., & Riyana, C. (2008). Media Pembelajaran: Hakikat, Pengembangan, Pemanfaatan, dan Penilaian. CV. Wacana Prima. Rosalin, E. (2008). Guru dalam meningkatkan daya pikir siswa. JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN, 8(2).