MANAJEMEN PENGELOLAAN PROGRAM BELAJAR DI SMART HOUSE AHE PAJARESUK KABUPATEN PRINGSEWU
Main Article Content
Abstract
Penelitian yang akan dilakukan ini ditujukan untuk mengetahui strategi yang diterapkan oleh lembaga pendidikan Non Formal Smart House Pajaresuk dalam mejalankan beberapa program-program pembelajaran. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui hambatan yang dialami dalam pelaksanaan strategi pengelola. Ini merupakan penelitian lapangan yang dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian ini akan mendeskripsikan strategi yang digunakan Smart House dalam implementasi manajemen peserta didik, dan juga mendeskripsikan hambatan yang dialami dalam penerapan manajemen peserta didik. Dan strategi apa saja yang dilakukan oleh pengelola agar dapat berhasilnya kesuksesan yang diraih oleh pengelola beserta pihak pihak lain didepannya.Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam melaksanakan segala aspek yang diperlukan dalam stategi baik dalam pemasaran, promosi,pengelolaan bagian adsministrasi dan mengelola guru bantu tentunya pihak pengelola tidak dapat berjalan sendiri melainkan saling melengkapi dan saling andil dalam tugas dan peranannya masing-masing sehingga keberhasilan itu dapat dirasakan oleh semua pihak yang ada di dalamnya.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
References
Mohammad Fauziddin and Mufarizuddin Mufarizuddin, “Useful of Clap Hand Games for Optimalize Cogtivite Aspects in Early Childhood Education,” Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 2, no. 2 (2018): 162–169.
Adzroil Ula Al Etivali and Alaika M. Bagus Kurnia, “Pendidikan Pada Anak Usia Dini,” Jurnal Penelitian Medan Agama 10, no. 2 (2019): 212–236.
Muhiyatul Huliyah, “Hakikat Pendidikan Bagi Anak Usia Dini,” Jurnal As-Sibyan 1, no. 1 (2016): 60–71.
Sukma Nurilawati Botutihe, “Pola Pengelolaan Pendidikan Anak Usia Dini di Kota Gorontalo,” Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 4, no. 2 (2020): 883–891.
Ratna Gumilang, R. (2019). Implementasi Digital Marketing Terhadap Peningkatan Penjualan Hasil Home Industri. Coopetition Jurnal Ilmiah Manajemen, 10(1), 9–14.
Moleong, L.J. (2013). Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Fajhriani N. Dyla. (2020). Peningkatan Kemampuan Membaca Anak Dengan Menggunakan Metode AHE Dan Implikasinya Terhadap Layanan Penguasaan Konten. Padang.
Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam, Vol. 8, No. 1, Juni 2022. Hal. 90-101. ISSN (Online): 2550-1038, ISSN (Print): 2503-3506. Website: Journal.Unipdu.ac.id/index.php/Dirasat/index. Dikelola oleh Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) Program Pascasarjana Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum (Unipdu) Jombang.
Lathifah Fairuz Chaszallie ProgramStudi Pendidikan Masyarakat, Universitas Singaperbangsa Karawang, Jawa Barat, Indonesia 1 1810631040056 Received: Oktober, 2022; Accepted: Mei, 2023