MANAJEMEN STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM PELAKSANAAN KURIKULUM MERDEKA DI SMP 1 KOTA PEKALONGAN
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini membahas tentang manajemen strategi kepala sekolah dalam pelaksanaan kurikulum merdeka di SMP 1 Kota Pekalongan. Manajemen strategi dalam pelaksanaan kurikulum merdeka ini telah diterapkan dengan baik di SMP 1 Kota Pekalongan dengan mengikuti kebijakan Mendikbud Ristek. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui manajemen strategi kepala sekolah dalam pelaksanaan kurikulum merdeka, dan hasil dari strategi tersebut dalam praktiknya. Pendekatan kualitatif deskriptif digunakan, dengan metode pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen strategi yang dilaksanakan kepala sekolah dalam pelaksanaan kurikulum merdeka di SMP 1 Pekalongan berjalan baik, dengan tahapan 1) Perencanaan pelaksanaan kurikulum merdeka dengan cara sekolah mendaftar dalam platform kurikulum merdeka 2) Pengorganisasian dengan membentuk Tim khusus yang mengawal persiapan dan pelaksanaan kurikulum agar dapat lebih cepat tersosialisasikan ke seluruh guru. 3) Pelaksanaan kurikulum di lapangan sesuai dengan rancangan yang dibuat Pemerintah melaui lima strategi . Lima startegi tersebut berupa; pertama , belajar mandiri dari platform yang telah disediakan pemerintah. Kedua, mengikuti webinar atau kelas online tentang kurikulum merdeka. Ketiga, membentuk komunitas belajar. Keempat, belajar dari narasumber, dan kelima membentuk jaringan mitra belajar 4) Evaluasi pelaksanaan kurikulum yang dilakukan secara berkala di setiap minggu. Sedangkan hasil pelaksanaan kurikulum merdeka di SMP 1 Kota Pekalongan adalah 1) Meningkatnya interaksi guru dan siswa menjadi lebih aktif dan inovatif dalam proses pembelajarannya. 2) Terciptanya lingkungan belajar yang lebih berkualitas. 3) Lebih fokus dalam mengembangkan bakat minat siswa dan 4) Menumbuhkan karakter Profil Pancasila pada diri siswa.
Kata Kunci : Manajemen Strategi, Kepala Sekolah, Kurikulum Merdeka
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
References
Andi Prastowo. 2011. Metode Penelitian Kualitatif
dalam Perspektif Rancangan Penelitian .
Yogyakarta . Ar Ruzz Media
Desy Liliani Husain. (2023). Pelatihan Penyusunan Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan ( KOSP ) sebagai Persiapan Implementasi. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6, 13–19.
Drs. H. Nur Kholis, M. E. (2020). Manajemen Strategi Pendidikan (Formulasi, Implementasi dan Pengawasan). CV. Cahaya Intan, March, 169.
Hastasasi, W. (2022). Panduan Pengembangan Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi, April, 118.
Kristina, F., & Afriansyah, H. (2020). Hubungan Sekolah dengan Masyarakat. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 5–24.
Lince, L. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka untuk Meningkatkan Motivasi Belajar pada Sekolah Menengah Kejuruan Pusat Keunggulan. Prosiding Seminar Nasional Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan IAIM Sinjai, 1(1), 38–49. https://doi.org/10.47435/sentikjar.v1i0.829
Margareth, H. (2020). Pengembangan Kurikulum Merdeka. In Literasi Nusantara.
Maulana, M. A., Ubaedillah, U., & Rizqi, Z. F. (2022). Hubungan Level Good Governance Kepala Sekolah dengan Keberhasilan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar. The Academy Of Management and Business, 1(3), 134–144. https://doi.org/10.55824/tamb.v1i3.184
Permadani, D. R., Maisyaroh, M., & Mustiningsih, M. (2018). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Pembuatan Keputusan. Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 1(3), 320–326. https://doi.org/10.17977/um027v1i32018p320
Puspita, D., & Purnomo, H. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka di Kelas IV SD Negeri 17 Tanjung Pandan. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 8(2), 187–195. https://doi.org/10.22437/gentala.v8i2.27012
Simatupang, R. M., Nabila Anggriany, & Dahniar Fitri. (2023). Analisis Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Sekolah. Algebra : Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Sains, 3(3), 174–179. https://doi.org/10.58432/algebra.v3i3.771
Subandrio, W., & Kartiko, D. C. (2021). Survey Keterlaksanaan Kurikulum Merdeka Belajar pada Pembelajaran Pendidikan Jasmani di SMA Negeri 1 Purwoasri. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 9(2), 177–182.
Tony Bush.,& Marianne Coleman.(2000).
Leadership and Strategic Management in Education, Manajemen Strategis Kepemimpinan Pendidikan . IRCiSod, 121