MANAJEMEN STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM PELAKSANAAN KURIKULUM MERDEKA DI SMP 1 KOTA PEKALONGAN

Main Article Content

Aisyah Zubaidah

Abstract

Penelitian ini membahas tentang manajemen strategi  kepala sekolah dalam pelaksanaan  kurikulum merdeka di SMP 1 Kota  Pekalongan. Manajemen strategi dalam pelaksanaan  kurikulum merdeka ini telah diterapkan dengan baik di SMP 1 Kota Pekalongan  dengan  mengikuti kebijakan  Mendikbud Ristek. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui  manajemen strategi kepala sekolah dalam pelaksanaan kurikulum merdeka, dan hasil dari strategi tersebut dalam praktiknya. Pendekatan kualitatif deskriptif digunakan, dengan metode pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen strategi yang dilaksanakan kepala sekolah dalam pelaksanaan  kurikulum merdeka di SMP 1 Pekalongan  berjalan baik, dengan tahapan  1) Perencanaan pelaksanaan kurikulum merdeka dengan cara  sekolah mendaftar dalam platform kurikulum merdeka  2) Pengorganisasian dengan membentuk Tim khusus  yang mengawal persiapan dan pelaksanaan kurikulum agar dapat lebih cepat tersosialisasikan ke seluruh guru. 3) Pelaksanaan kurikulum di lapangan sesuai dengan rancangan yang dibuat Pemerintah melaui lima strategi . Lima startegi tersebut berupa;   pertama , belajar mandiri  dari platform yang telah disediakan pemerintah. Kedua,  mengikuti webinar atau kelas online tentang kurikulum merdeka. Ketiga, membentuk komunitas belajar. Keempat, belajar dari narasumber, dan kelima  membentuk jaringan mitra belajar 4) Evaluasi pelaksanaan kurikulum yang dilakukan secara berkala di setiap minggu.   Sedangkan hasil pelaksanaan kurikulum merdeka  di SMP 1 Kota Pekalongan adalah 1) Meningkatnya interaksi  guru dan siswa menjadi  lebih  aktif dan inovatif  dalam proses pembelajarannya. 2) Terciptanya lingkungan belajar yang lebih berkualitas. 3) Lebih fokus dalam mengembangkan bakat minat siswa dan 4) Menumbuhkan karakter Profil Pancasila pada diri siswa.      


Kata Kunci : Manajemen Strategi, Kepala Sekolah, Kurikulum Merdeka


                                                                                      

Article Details

How to Cite
Zubaidah, A. . (2024). MANAJEMEN STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM PELAKSANAAN KURIKULUM MERDEKA DI SMP 1 KOTA PEKALONGAN. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Al-Idarah, 9(02), 37–44. https://doi.org/10.54892/jmpialidarah.v9i02.447
Section
Articles

References

Andi Prastowo. 2011. Metode Penelitian Kualitatif

dalam Perspektif Rancangan Penelitian .

Yogyakarta . Ar Ruzz Media

Desy Liliani Husain. (2023). Pelatihan Penyusunan Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan ( KOSP ) sebagai Persiapan Implementasi. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6, 13–19.

Drs. H. Nur Kholis, M. E. (2020). Manajemen Strategi Pendidikan (Formulasi, Implementasi dan Pengawasan). CV. Cahaya Intan, March, 169.

Hastasasi, W. (2022). Panduan Pengembangan Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi, April, 118.

Kristina, F., & Afriansyah, H. (2020). Hubungan Sekolah dengan Masyarakat. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 5–24.

Lince, L. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka untuk Meningkatkan Motivasi Belajar pada Sekolah Menengah Kejuruan Pusat Keunggulan. Prosiding Seminar Nasional Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan IAIM Sinjai, 1(1), 38–49. https://doi.org/10.47435/sentikjar.v1i0.829

Margareth, H. (2020). Pengembangan Kurikulum Merdeka. In Literasi Nusantara.

Maulana, M. A., Ubaedillah, U., & Rizqi, Z. F. (2022). Hubungan Level Good Governance Kepala Sekolah dengan Keberhasilan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar. The Academy Of Management and Business, 1(3), 134–144. https://doi.org/10.55824/tamb.v1i3.184

Permadani, D. R., Maisyaroh, M., & Mustiningsih, M. (2018). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Pembuatan Keputusan. Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 1(3), 320–326. https://doi.org/10.17977/um027v1i32018p320

Puspita, D., & Purnomo, H. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka di Kelas IV SD Negeri 17 Tanjung Pandan. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 8(2), 187–195. https://doi.org/10.22437/gentala.v8i2.27012

Simatupang, R. M., Nabila Anggriany, & Dahniar Fitri. (2023). Analisis Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Sekolah. Algebra : Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Sains, 3(3), 174–179. https://doi.org/10.58432/algebra.v3i3.771

Subandrio, W., & Kartiko, D. C. (2021). Survey Keterlaksanaan Kurikulum Merdeka Belajar pada Pembelajaran Pendidikan Jasmani di SMA Negeri 1 Purwoasri. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 9(2), 177–182.

Tony Bush.,& Marianne Coleman.(2000).

Leadership and Strategic Management in Education, Manajemen Strategis Kepemimpinan Pendidikan . IRCiSod, 121