EVALUASI PROGRAM TAHFIDZ DALAM MENINGKATKAN PROFIL PPRA MUATAN RELIGIUS DI MI MIFTAHUL HUDA JENU TUBAN

Main Article Content

Fadhilatun Ni'mah
Rodliyatin Ni’am

Abstract

Krisis karakter religious pada jenjang sekolah dasar membuat mereka kehilangan sopan santun terhadap orang yang lebih tua, serta minat untuk membaca Al-Qur’an juga berkurang, yang diyakini menyebabkan degradasi moral. Salah satu usaha untuk meningkatkan PPRA muatan religius yaitu melalui program tahfidz untuk siswa tingkat sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi mengenai program tahfidz yang diselenggarakan di MI Miftahul Huda. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, Teknik evaluasi ini menggunakan model CIPP untuk mengevaluasi implementasi program tahfidz di MI Miftahul Huda Jenu Tuban dalam mengembangkan profil PPRA. Data ini berasal dari dua sumber: data primer berasal dari guru tahfidz, siswa, dan kepala sekolah; dan informasi sekunder berasal dari dokumen lain yang terkait untuk melengkapi informasi primer. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Setelah dikumpulkan, informasi ini dideskripsikan dan kemudian dianalisis dalam tiga tahap: pengurangan data, penyampaian data, dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian ini dilihat dari komponen produk adalah evaluasi program ngaji tahfidz di MI Miftahul Huda Jenu cukup efektif. Meskipun kegiatan program tahfidz berjalan dengan baik, terdapat aspek yang perlu adanya perbaikan secara berkala, seperti cara pembelajaran tahfidz dan alat yang dapat membantu siswa menghafal. Aspek kebutuhan dalam pelaksanaan program tahfidz sudah memenuhi kriteria baik, dilihat dari komponen input, pelaksanaan program tahfidz sudah termasuk dalam kategori terpenuhi, namun belum adanya dokumentasi tertulis.

Article Details

How to Cite
Ni’mah, F. ., & Ni’am, R. . (2024). EVALUASI PROGRAM TAHFIDZ DALAM MENINGKATKAN PROFIL PPRA MUATAN RELIGIUS DI MI MIFTAHUL HUDA JENU TUBAN. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Al-Idarah, 9(02), 18–25. https://doi.org/10.54892/jmpialidarah.v9i02.445
Section
Articles

References

Ai Badriah, Lilis Satriah, dan A. M. (2019). Bimbingan Islam Melalui... BIMBINGAN ISLAM MELALUI. In Al-Isyraq (Vol. 2,Issue 2, pp. 102–120). https://docplayer.info/206665528- Bimbingan-islam-melalui-living-values- education-untuk-meningkatkan-sikap- toleransi.html

Arikunto, Suharsimi. 1999., Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. (Jakarta: Bumi Aksara, 1999)

Dr. Abdul Fattah Nasution, M.Pd, Metode Penelitian Kualitatif, ed. by MA Dr. Hj. Meyniar Albina, CV. Harva Creative, 1st edn (Medan: CV. Harva Creative, 2023)

Moleong, Lexy J., ‘Metodologi Penelitian Kualitatif’, PT. Remaja Rosdakarya, Bandung, 2018, hal.4.

Nikita Nur Zulaecha, Hafidz, Biela Nanda Oktivibi Pertiwi, H. N. (2023). Pemanfaatan Media Sosialsebagai Dakwah Digital dalam Penyiaraan Agama Kalangan Kaum Milenial di Instagram. Innovative Education Journal, 4(1), 1–12.

Nurafrianti, R. (2019). Peningkatan Sikap Jujur Melalui Permainan Tradisional Betawi Pada Kelompok A di TK AIsyiyah 74 Pondok Pinang (p. 180). https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/hndl e/123456789/45174

Purwani, Y. (2023). Implementasi proyek penguatan profil pelajar rahmatan lil ’alamin (PPRA) dalam meningkatkan karakter religius di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Magelang. In At Turots: Jurnal Pendidikan Islam.

http://journal.stitmadani.ac.id/index.php/J PI/article/view/308

Rahmadhanty, S. A. (2023). PENINGKATAN SIKAP ILMIAH SISWA KELAS IV DALAM MUATAN PEMBELAJARAN IPAS MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DI SD NEGERI MA.

Rizka Setiyani, Nedin Badruzzaman, T. M. (2019). PENGARUH PENGUASAAN ILMU TAJWID TERHADAP MINAT

MEMBACA AL-QUR’AN | Setiyani | PROCEEDINGS - OPEN ACCESS JOURNAL(p. 3).https://journal.unpak.ac.id/index.php/proc eedings/article/view/1343

Suharsimi Arikunto dan Cepi Safruddin Abdul Jabar, ‘Evaluasi Program Pendidikan: Pedoman Teoretis Praktis Bagi Mahasiswa Dan Praktisi Pendidikan’, Jakarta: P (2018), 45

S. Raibowo dan Y. E. Nopiyanto. (2020). “Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga & Kesehatan pada SMP Negeri Se-Kabupaten Mukomuko melalui Pendekatan Model Context, Input, Process & Product (CIPP). Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi 6, o. 2 (2020.

Suharsimi Arikunto dan Cepi Safruddin Abdul Jabar. (2018). Evaluasi Program Pendidikan: Pedoman Teoretis Praktis Bagi Mahasiswa dan Praktisi Pendidikan. Jakarta: P, 45.

Suryani, N., Setiawan, A., & Putria, A. (2018). Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya (P. Latifah (ed.)). PT. Remaja Rosdakarya.

Utami, V. P., & Fathoni, A. (2022). Implementasi Program Tahfidz Al-Qur’an sebagai Penguatan Karakter Islami Siswa Sekolah Dasar. In Jurnal Basicedu (Vol. 6, Issue 4, pp. 6329–6336).

https://doi.org/10.31004/basicedu.v