PERAN SISTEM PENJAMINAN MUTU PENDIDIKAN (SPMP) DALAM MEWUJUDKAN BUDAYA MUTU PADA MADRASAH ALIYAH SWASTA DI KABUPATEN PEKALONGAN
Main Article Content
Abstract
Tulisan ini membahas tentang peran Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan (SPMP) dalam mewujudkan budaya mutu pada Madrasah Aliyah Swasta di Kabupaten Pekalongan. Keberadaan penjaminan mutu akan berjalan dengan baik jika budaya mutu di lembaga, termasuk Madrasah, dapat terwujud. Saat ini, Madrasah masih menghadapi masalah terkait mutu, implementasi, dan pengelolaan yang belum dapat melahirkan lulusan berkualitas. Hal ini disebabkan oleh sistem penjaminan mutu pendidikan yang belum berjalan dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan (SPMP) pada Madrasah Aliyah Swasta, budaya mutu, serta peran SPMP dalam mewujudkan budaya mutu di Madrasah Aliyah Swasta di Kabupaten Pekalongan. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif, dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SPMP dapat berjalan melalui proses perencanaan, implementasi, monitoring atau evaluasi, dan tindak lanjut perbaikan. Budaya mutu Madrasah di tiga Madrasah yang diteliti pada dasarnya sudah terbangun, terutama di Madrasah yang telah lama berdiri. SPMP memainkan peran penting dalam mewujudkan budaya mutu yang ada di Madrasah.
Kata Kunci: Penajminan Mutu; Budaya Mutu; Madrasah Aliyah Swasta
Abstract
This article discusses the role of the Education Quality Assurance System (SPMP) in realizing a culture of quality in Private Madrasah Aliyah in the Pekalongan Regency. The existence of quality assurance will run well if a culture of quality in institutions, including Madrasas, can be realized. Currently, Madrasahs are still facing problems related to quality, implementation, and management which have not been able to produce quality graduates. This is caused by an education quality assurance system that is not running well. This research aims to describe the Education Quality Assurance System (SPMP) at Private Madrasah Aliyah, the culture of quality, and the role of SPMP in realizing a culture of quality at Private Madrasah Aliyah in Pekalongan Regency. The research method used is qualitative, with observation, interview, and documentation techniques. The research results show that SPMP can run through a process of planning, implementation, monitoring or evaluation, and follow-up improvements. The culture of Madrasah quality in the three Madrasahs studied has been established, especially in Madrasahs that have been established for a long time. SPMP plays an important role in realizing a culture of quality in Madrasah.
Keywords: Quality Assurance; Quality Culture; Private Madrasah Aliyah
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
References
Alhababy, A. M. (2016). PENGEMBANGAN BUDAYA MUTU MADRASAH ALIYAH MELALUI KELOMPOK KERJA MADRASAH ALIYAH KOTA BANJARBARU. 14(5), 1–23.
Ali Murtadho. (2012). Memperkokoh Kualitas Pendidikan Madrasah Berbasis Manajemen Mutu Terpadu (Tqm). Jurnal Forum Tarbiyah, 10(1), 92.
Amir, A. (2019). Membangun Budaya Mutu Pada Lembaga Pendidikan Islam Menuju Madrasah Unggul. Al-Tanzim : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(2), 1–12. https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v3i2.676
Anwar, S. (2014). Pengembangan Budaya Mutu dalam Meningkatkan Kualitas Madrasah di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Kota Bandar Lampung. ANALISIS: Jurnal Studi Keislaman, 14(2), 455–490. http://www.ejournal.radenintan.ac.id/index.php/analisis/article/view/701
Bukhori, A. A. A. R., & Fahmi, I. (2022). Optimalisasi Budaya Mutu Dalam Meningkatkan Prestasi Akademik Di Madrasah Tsanawiyah Al- Hurriyyah. Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Dan Pengembangan Pembelajaran, 5, 171–181.
Hajar, R. (2017). Implementasi Penjaminan Mutu Pendidikan Dalam Meningkatkan Kinerja Madrasah: Studi di MTs Assurur dan MTs Arrohmah Kota Tasikmalaya. Indonesian Journal of Education Management and Administration Review, 1(1), 89–98, Jun.
Kementerian, K., & Kab, A. (2022). Mengentas Mutu Madrasah Menuju Madrasah Berkualitas. 7.
Keunggula, M. (2009). MEWUJUDKAN KEUNGGULAN MADRASAH Mulyono Staf Pengajar pada PAI Fakultas Tarbiyah UIN Malang. II(1).
Kurniawati, putri. (2017). Peran Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Madrasah. Universitas Nusantara PGRI Kediri, 01, 1–7.
Marjoko. (2017). STRATEGI PENINGKATAN BUDAYA MUTU MADRASAH ALIYAH NEGERI DI KOTA SEMARANG. 150–165.
Maulana, A., Dian, D., & Jahari, J. (2020). Implementasi Manajemen Mutu Pendidikan Di Madrasah Swasta. AL MA’ARIEF : Jurnal Pendidikan Sosial Dan Budaya, 1(2), 134–141. https://doi.org/10.35905/almaarief.v1i2.1109
Muhammad Husni. (2020). KEPALA MADRASAH DALAM MEMBANGUN SIKAP SOSIAL Muhammad Husni Institut Agama Islam ( IAI ) Al-Qolam Malang Email ; husninanang73@gmail.com. 2(2), 93–105.
Munir, A. (2022). PENGEMBANGAN BUDAYA MUTU MADRASAH. AL- Adalah, 19, 235–250.
Muslichah, U. (2023). Peran Strategis Pengawas Madrasah dalam Sistim Penjaminan Mutu Pendidkan (Studi kasus di MI Miftahul Huda, MI Sunan Giri, dan MI Arrahmah Kec.Jabung Kabupaten Malang). 7, 3453–3465.
Nurhasanah, A., Khansa, N. A., Munawwaroh, S. M., Arfinanti, N., & Sandani, A. (2024). Peran Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan dalam Mewujudkan Visi Misi Madrasah. 4(2), 99–106.
Shobri, M. (2020). Strategi Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Madrasah Aliyah Hasan Jufri. CENDEKIA: Jurnal Studi Keislaman, 3(1), 11–26. https://doi.org/10.37348/cendekia.v3i1.32