IMPLEMENTASI MANAJEMEN STRATEGIS DALAM UPAYA PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DI PONDOK PESANTREN Indonesia
Main Article Content
Abstract
Abstract
The purpose of this study is to know the implementation of strategic management in an effort to improve the quality of education in Pondok Pesantren. This research use descriptive, analytic, qualitative method by using field study (field research) in data collection. From the results of research can be concluded: the implementation of strategic management in an effort to improve the quality of education in Pondok Pesantren, has been done well. Efforts to improve the quality of education in boarding schools increased and directed, because the implementation of strategic management made in boarding school can be implemented and the goal is achieved well.
Abstrak
Tujuan penelitian tersebut adalah ingin mengetahui penerapan manajemen strategis dalam upaya peningkatan mutu pendidikan di Pondok Pesantren. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif, analitik, kualitatif dengan menggunakan studi lapangan (field research) dalam pengumpulan data. Dari hasil penelitin dapat disimpulkan: penerapan manajemen strategis dalam upaya peningkatan mutu pendidikan di Pondok Pesantren, sudah terlaksana dengan baik. Usaha kegiatan peningkatan mutu pendidikan di pondok pesantren semakin meningkat dan terarah, karena penerapan manajemen strategis yang dibuat di pondok pesantren dapat dilaksanakan dan tujuannya tercapai dengan baik.
Kata Kunci: Abstract
The purpose of this study is to know the implementation of strategic management in an effort to improve the quality of education in Pondok Pesantren. This research use descriptive, analytic, qualitative method by using field study (field research) in data collection. From the results of research can be concluded: the implementation of strategic management in an effort to improve the quality of education in Pondok Pesantren, has been done well. Efforts to improve the quality of education in boarding schools increased and directed, because the implementation of strategic management made in boarding school can be implemented and the goal is achieved well.
Abstrak
Tujuan penelitian tersebut adalah ingin mengetahui penerapan manajemen strategis dalam upaya peningkatan mutu pendidikan di Pondok Pesantren. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif, analitik, kualitatif dengan menggunakan studi lapangan (field research) dalam pengumpulan data. Dari hasil penelitin dapat disimpulkan: penerapan manajemen strategis dalam upaya peningkatan mutu pendidikan di Pondok Pesantren, sudah terlaksana dengan baik. Usaha kegiatan peningkatan mutu pendidikan di pondok pesantren semakin meningkat dan terarah, karena penerapan manajemen strategis yang dibuat di pondok pesantren dapat dilaksanakan dan tujuannya tercapai dengan baik.
Kata Kunci: Manajemen Strategis, Peningkatan Mutu
Article Details
References
Anisari, A., Purwanti, E., & Masrur, M. (2017). Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Di Smp Nurul Islam Kelurahan Garuntang
Kecamatan Bumi Waras Kota Bandar Lampung. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Al-Idarah, 1(1), 1-9. Apriyani, M. A., Purwanti, E., & Al Mursyid, A. (2018). Implementasi Manajemen Kurikulum Dalam Meningkatan Mutu Pendidikan di SMP PGRI 1 Pulaupanggung, Kabupaten Tanggamus. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam AlIdarah, 3(1), 42-48. Kusuma, N., & Purwanti, E. (2017). Pengaruh Kompetensi Pedagogik Dan Manajemen Pembelajaran Terhadap Penjaminan Mutu Pada Universitas Sang Bumi Ruwa Jurai Lampung. Indonesian Journal Of Educational Counseling, 1(2), 209-226. Prawiroetono dan Primasari. (2014). Manajemen Strategik dan Pengambilan Keputusan korporasi, PT Bumi Aksara, Jakarta. Priansa, (2014), Manajemen Supervisi dan kepemimpinan Kepala Sekolah. Alfabeta, Bandung. Sagala, S. (2013). Manajemen Strategik dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Alfabeta, Bandung. Siagian, S. P. (2012). Manajemen Strategik. Bumi Aksara, Jakarta