STRATEGI MEMBANGUN ORGANISASI PEMBELAJAR DALAM MENINGKATKAN KEUNGGULAN KOMPETITIF SEKOLAH DASAR (SD)

Main Article Content

Muhammad Nasrullah
Sulaiman

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi strategi membangun organisasi pembelajar di SD Islam YMI 01. Penelitian tentang strategi membangun organisasi pembelajar ini menarik karena bisa dijadikan contoh untuk sekolah lain. SD Islam YMI 01 adalah sekolah dasar tertua yang diselenggarakan oleh masyarakat di Kabupaten Pekalongan. Keunggulan kompetitif yang ditawarkan adalah budaya belajar yang kondusif dengan kurikulum terpadu. Hasil penelitian terdahulu menunjukan bahwa strategi membangun organisasi pembelajar berpengaruh positif terhadap peningkatan keunggulan kompetitif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis studi kasus dengan 14 orang responden yang dipilih secara purposive dan snowball smpling. Mereka adalah kepala sekolah, pengurus yayasan, ketua komite sekolah, Enam orang guru, dan lima orang siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi membangun organisasi pembelajar dilakukan dengan tiga hal, yaitu: perubahan visi dan misi, peningkatan kapasitas dan kompetensi guru, dan pembentukan tim belajar. Tiga hal ini dilakukan oleh SD Islam YMI 01 untuk meningkatkan keunggulan kompetitif sekolah adalah dalam rangka mempertahankan eksistensi dan mengembangkan kualitas sekolah

Article Details

How to Cite
Nasrullah, M., & Sulaiman. (2024). STRATEGI MEMBANGUN ORGANISASI PEMBELAJAR DALAM MENINGKATKAN KEUNGGULAN KOMPETITIF SEKOLAH DASAR (SD). Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Al-Idarah, 9(01), 19–27. https://doi.org/10.54892/jmpialidarah.v9i01.363
Section
Articles

References

Aih Ervanti Ayuningtyas, Slameto, Y. D. (2017). Evaluasi Program Pelatihan In House Training (IHT) di Sekolah Dasar Swasta. Kelola Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4, 171–183.

Amalia, S. R. S. (2011). Tim dan Organisasi Pembelajar. Jurnal Administrasi Bisnis, 7, 179–191.

Amru Rasyid Nurussalam, umi A. I. (2018). Hubungan Antara Komitmen Organisasi Dengan Subjective Well-Being Pad Guru. Character: Jurnal Penelitian Psikolog, 5, 1–5.

Anggriani, R., Lambali, S., & Abdullah, M. T. (2021). Pengaruh Learning Organization Terhadap Keunggulan Kompetitif Pada Kantor POS Indonesia Regional X Makassar. Jurnal Tata Sejuta STIA MATARAM, 7, 1–15.

Bashori, D., Stai, T., Tambusai, P., & Pengaraian, R. (2017). Strategi Kompetitif Dalam Lembaga Pendidikan (Vol. 12, Issue 2).

Basri, H. dan R. A. (2015). Manajemen Penddidikan dan pelatihan. Pustaka Setia.

Benawa, A. (2014). Mengelola Komitme Guru Demi Eksistensi Seolah. Third Economic and Busines s Research Festival, 12–21.

Calam, A., Marhamah, A., & Nazaruddin, I. (2020). Reformulasi Visi, Misi dan Tujuan Sekolah. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 10, 175–196.

Covey, S. R. (2005). The 8th habit, melampaui efektivitas, menggapai keagungan. Gramedia Pustaka Utama.

Daft, R. L. (2003). Manajemen (Jilid 1). Salemba Empat.

Desler, G. (2013). Human Resource Management (Thirteenth). Person Education Inc.

Diana Septyawati, M. A. (2023). The Art of Thinking Big: Membangun kinerja personal sejak dari pemikiran. Literaksi: Jurnal Manajemen Pendidikan, 01, 235–239.

Guffey, Mary Ellen; Rhodes, Kathleen; & Rogin, P. (2005). Komunikasi Bisnis: proses dan produk. Salemba Empat.

Gurol, S. E. dan Y. (2021). The Impact Of Organizational Learning On Competitive Advantage In Turkey. Journal of Global Strategic Management, 15, 47–57.

https://dapo.kemdikbud.go.id/sp/2/032600. (n.d.).

Irfan, M., & Mataputun, D. R. (2021). Pelatihan Kerja Dan Pengaruhnya Terhadap Produktifitas kerja Karyawan. Jurnal Manajemen, Bisnis, Dan Kewirausahaan, 1, 15–26.

Ismail, D. H. (2016). Strategi Mewujudkan Suatu Organisasi Pembelajar. Jurnal Lentera Bisnis, 5, 9–30.

Istiqomah, H. (2020). Analisis Kepemimpinan Visioner Dalam Mewujudkan Visi Misi Sekolah Di MIN I Bantul. Ibtida’iy: Jurnal Prodi PGMI, 5, 15–22.

J. Salusu. (2004). Pengambilan Keputusan Strategik. PT Gramedia Widiasarana Indonesia.

Kadiyono, A. L., Anjani, S. A., & Deliana, S. (2018). Membangun Learning Climate Sebagai Strategi Peningkatan Kualitas Guru. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 06, 153–166.

Kodrat, D. (2019). Urgensi Perubahan Pola Pikir Dalam Membangun Pendidikan Bermutu. Jurnal Kajian Peradaban Islam, 2, 1–6.

M.B, Huberman, A.M, & Saldana, J. M. (2014). Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook (3rd ed.). Sage Publication.

M.Yusuf. (2020). Strategi Manajemen Perubahan Pola Pikir SDM Guna Menghadapi Persaingan Era Industri 4.0 Pada Industri Manufaktur. Seminar Nasional and the 6th Call For Syariah Paper.

Makhmudah, S. (2016). Revolusi Mental Dalam Mengubah Pola Pikir Tenaga Pendidik Dari Perspektif Islam. Jurnal Educatio, 2, 86–91.

Mardikaningsih, H. C. dan R. (2021). Pengaruh Motivasi Kerja serta Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) Terhadap Kinerja Karyawan PT Lion Super Indo. Jurnal Ilmu Manajemen, 1, 83–92.

Mark A Clark; Amundson, Susan D.; & Cardy, R. L. (2002). Cross-functional team decision-making and learning outcomes: a qualitative illustration. Journal of Business and Management, 8, 217–236.

Marquedt, M. J. (1999). Building The Learning Organization. McGraw-Hill.

Masrukhin. (2015). Strategi Membangun Learning Organization Dalam Meningkatkan Mutu dan Daya Saing Lulusan. Quality, 3, 41–66.

Mohrman, S. A., & Cohen, Susan G.; & Mohrman, Jr., A. M. (1995). Designing Team-Based Organizations: New Forms for Knowledge Work. Jossey-Bass.

Moleong. (2013). Metodologi Penelitian Kualitatif (Refisi). PT Remaja Rosda Karya.

Mujtaba, N. A. R. A. K. B. G. (2013). Exploring And Measuring Organizational Learning Capability And Competitive Advantage Of Petroleum Industry Firms. International Business and Management, 6, 89–103.

Mukhtar, R. (2015). Rencana Pengembangan Sekolah. Manajer Pendidikan, 9, 386–393.

Musfah, J. (2011). Peningkatan Kompetensi Guru, Melalui Pelatihan dan Sumber Belajar Teori dan Praktik. (Kencana (Ed.)).

Njuguna, J. I. (2009). Strategic Positioning For Sustainable Competitive Advantage: An Organizational Learning Approach. KCA Journal Of Business Management, 2, 32–43.

Nonaka.I, & Takeuchi, H. (1995). The knowledge-creating company: How Japanese companies create the dynamics of innovation. Oxford University Press.

Nurbiyati, T. (2012). Learning Organzation Sebagai Strategi Meningkatkan Keunggulan. Wahana, 15, 51–60.

Paramitha, D. (2016). Urgensi Perumusan Visi, Misi Dan Nilai - Nilai Pada Lembaga Pendidikan Islam. Jurnal Tarbawi, 01, 1–8.

Peter M. Senge. (1996). Leading Learning Organizations: The Bold, the Powerful, and the Invisible. Center for Organizational Learning, Massachusetts Institute of Technology.

Puspawati. (2020). Literasi Learning Organization Pada Pengurus Persaudaraan Muslimah (Salimah) Kota Bandar Lampung. Jurnal Pengabdian Dharma Wacana, 1.

R.Mahyanalia, K. S. Siagian, D. Darmawan, A. G. & S. A. (2017). Job Insecurity and an Integrative Review for Future Research, Journal of Management. Journal of Management, 43, 1911–1939.

Shazia Hassan, Yasmine Muhammad Javaid Iqbal, W. G. (2017). Organizational Learning and Competitive Advantage in Banking Sector of Pakistan. Global Social Sciences Review (GSSR), II, 79–90. http://dx.doi.org/10.31703/gssr.2017(II-I).05

Sunarta. (2021). Membangun Organisasi Pembelajar. Jurnal Ilmu Manajemen, 18, 62–76.

Unggul, T. P. V. dan M. S. (2020). Dokumen Visi dan Misi SDI Unggul.

Waheed, M. F. dan A. (2015). Learning Organization And Kompetitif Advance-An Integrated Approach. Journal Of Asian Bussines Strategy, 5, 73–79.

Wiyono, G. (2014). Strategi Penerapan Orgaizational Lerning Untuk Membentuk Guru Pembelajar Di Sekolah. Jurnal Edukasi Elekto, 1, 69–77.

Zulfania, S. (2021). Analisis Rumusan Visi, Misi, Dan Tujuan Pendidikan Anak Usia Dini Di TK II Pertiwi. WIisdom: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2, 48–58.