KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DIMASA PANDEMI (STUDI KEPEMIMPINAN KEPALA MTS MATHLA’UL ANWAR LANDBAW) id

Main Article Content

Salamun
Muhammad Adit
Nurhadi Kusuma
Abdul Hamid

Abstract

Penelitian ini berjudul Kepemimpinan Kepala Madrasah dimasa Pandemi (studi Kepemimpinan Kepala MTs Mathla’ul Anwar Landbaw). Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui dan memahami bagaimana kepemimpinan kepala madrasah/sekolah dalam menghadapi pandemi covid-19 dalam konteks upaya mengefektifkan proses pembelajaran jarak jauh di MTs Mathla’ul Anwar Landbaw. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara kepada pihak yang terkait dan study dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa untuk mengefektifkan pembelajaran jarak jauh  di masa pandemic covid-19  kepala Madrasah menggunakan strategi e-learning, yang memiliki kelebihan seperti mudah diakses oleh seluruh dewan guru dan juga para siswa, dapat lebih mengontrol para siswanya di masa pembelajaran daring.

Article Details

How to Cite
Salamun, Muhammad Adit, Nurhadi Kusuma, & Abdul Hamid. (2022). KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DIMASA PANDEMI (STUDI KEPEMIMPINAN KEPALA MTS MATHLA’UL ANWAR LANDBAW) : id. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Al-Idarah, 7(01), 35–40. https://doi.org/10.54892/jmpialidarah.v7i01.188
Section
Articles

References

Dakir, Arbangi and Umiarso (2016) Manajemen Mutu Pendidikan. Jakarta: Prenada Media.

Hendrawan, S. (2009) Spiritual Management, From Personal Enlightenment Towards God Corporate Governance. 1st edn. Bandung: PT Mizan Pustaka.

Kartono, K. (2014) Pemimpin dan Kepemimpinan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Maxwell, J. C. (2007) The 21 Irrefutable Laws of Leadership, Follow Them and People Will Follow You. 10th edn. Nashville: Thomas Nelson.

Moleong, L. J. (2017) Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). Bandung: Remaja Rosda Karya.

Mulyasa, E. (2005) Menjadi Kepala Sekolah Profesional Dalam Konteks Menyukseskan MBS Dan KBK. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

P.Siagian, S. (1982) Filsafat Administrasi. Jakarta: Gunung Agung.

Prawiyogi, A. G. et al. (2020) ‘Efektifitas Pembelajaran Jarak Jauh Terhadap Pembelajaran Siswa di SDIT Cendekia Purwakarta’, Jurnal Pendidikan Dasar, 11(01), pp. 94–101.

Purba, S. et al. (2021) Kepemimpinan Pendidikan. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Rahman (2006) Peran Strategis Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jatinangor: Alqaprint.

Setiawardhani, R. T. (2013) ‘Pembelajaran elektornik (e-learning) dan internet dalam rangka mengoptimalkan kreativitas belajar siswa’, Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi Unswagati, 1(2), pp. 82–96. Available at: http://fkip-unswagati.ac.id/ejournal/index.php/edunomic/article/download/21/20.

Suranto (2019) Inovasi Manajemen Pendidikan Di Sekolah Kiat Jitu Mewujudkan Sekolah Nyaman Belajar. Jakarta: CV Kekata Group.

Terry, G. R. and Rue, L. W. (2019) Dasar-Dasar Manajemen Edisi Revisi. Jakarta: Bumi Aksara.

Tim Redaksi Fokusmedia (2003) Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Bandung: Fokusmedia.

Wahjosumidjo (1987) Kepemimpinan dan Motivasi. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Most read articles by the same author(s)