KONSTRUKSI DISTINGSI KEILMUAN PRODI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI PENDEKATAN INTERDISIPLINER DAN MULTIDISIPLINER PADA PROGRAM PASCASARJANA indonesia

Main Article Content

Jaenullah
Mispani
Choirudin

Abstract

Abstract


 


This paper discusses the construction of the scientific distinction of the Islamic study prograrm (PAI) through an interdisciplinary and multidisciplinary learning approach at the Institut Agama Islam Ma’arif NU (IAIMNU) Metro Lampung Postgraduate Program. This type of study used qualitative methods with a phenomenological approach. This research concludes firstly that the construction of the scientific distinction of the PAI Masters Program in the IAIMNU Metro Lampung Postgraduate Program has superior characteristics, namely to become educators, researchers, and practitioners who are able to design Islamic Islamic Studies curriculum based on Nusantara Islam, the second paradigm of learning interdisciplinary and multidisciplinary approaches in the Study Program. Postgraduate Program is carried out by applying the integration of interdisciplinary and multidisciplinary knowledge seen in the curriculum structure applied in the PAI Study Program, which then affects student thesis studies that are integrated with other disciplines.


 


Keywords: Interdisciplinary and Multidisciplinary Learning Approach, Islamic Study, Scientific Distinction Construction, Postgraduate Program


 


Abstrak


 


Tulisan ini membahas mengenai konstruksi distingsi keilmuan Prodi PAI melalui pendekatan pembelajaran interdisipliner dan multidisipliner pada Program Pascasarjana IAIMNU Metro Lampung. Jenis penelitian yang digunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Penelitian ini menyimpulkan pertama bahwa konstruksi distingsi keilmuan prodi S2 PAI Program Pascasarjana IAIMNU Metro Lampung telah memiliki karakteristik keunggulan, yaitu untuk menjadi tenaga pendidik, peneliti, dan praktisi yang mampu mendesain kurikulum PAI berbasis Islam Nusantara, kedua paradigma pembelajaran pendekatan interdisipliner dan multidisipliner pada Prodi S2 PAI dilakukan dengan pengaplikasian integrasi ilmu yang interdisipliner dan multidisipliner terlihat pada struktur kurikulum yang diterapkan di Prodi PAI, yang kemudian berpengaruh pada kajian tesis mahasiswa yang terintegrasi dengan keilmuan lain.


 


Kata Kunci: Konstruksi Distingsi Keilmuan, Pendidikan Agama Islam, Pendekatan Interdisipliner dan Multidisipliner, Program Pascasarjana

Article Details

How to Cite
Jaenullah, Mispani, & Choirudin. (2021). KONSTRUKSI DISTINGSI KEILMUAN PRODI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI PENDEKATAN INTERDISIPLINER DAN MULTIDISIPLINER PADA PROGRAM PASCASARJANA: indonesia. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Al-Idarah, 6(2), 86–91. https://doi.org/10.54892/jmpialidarah.v6i02.157
Section
Articles

References

Azizah, F. R. (2019). Mengembangkan Paradigma Integratif-Interkonektif Dalam Pendidikan Islam Di Perguruan Tinggi (Pendekatan Interdisipliner Dalam Studi Islam. Al-Tarbawi Al-Haditsah: Jurnal Pendidikan Islam, 4(2), Article 2. https://doi.org/10.24235/tarbawi.v4i2.5181

Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2017). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. SAGE Publications.

Fitri, A. Z., Nasukah, B., & Tayeb, A. (2019). Strategic Planning Model of Islamic Religious Higher Education (PTKI) in Indonesia. Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 287–308. https://doi.org/10.14421/jpi.2019.82.287-308

Iriany, I. S. (2014). Pendidikan Karakter sebagai Upaya Revitalisasi Jati Diri Bangsa. Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 08(01), 32.

Jaenullah, J. (2018). Epistemologi Islam (Sebuah Konsep Islam Tentang Pengembangan Ilmu dan Gerakan Intelektual). At-Ta’lim : Media Informasi Pendidikan Islam, 17(2), 221. https://doi.org/10.29300/attalim.v17i2.1413

Marini, A., Safitri, D., Nuraini, S., Rihatno, T., Satibi, O., & Wahyudi, A. (2020). Applying Model Of Mobile Web Based On Character Building In Teaching Learning Process To Improve Student Character. International Journal of Advanced Science and Technology, 29(06), 1121–1124.

Moleong, L. J. (2014). Metode Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya.

Musthofa. (2017). Pendidikan Islam Perspektif Humanisme-Pancasila. Jurnal Tarbiyah, XXIV(1).

Nasution, K. (2017). Bepikir Rasional-Ilmiah dan Pendekatan Interdisipliner dan Multidisipliner dalam Studi Hukum Keluarga Islam. Al-Ahwal, 10(1), 13–21.

Nino Indriyanto. (2019). Rancangan Bahan Ajar PAI Dengan Pendekatan Interdisipliner Di Perguruan Tinggi Umum (Studi Pengembangan Di Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember Dan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya). Universitas Negeri Surabaya.

Putra, P. H. (2019). Tantangan Pendidikan Islam dalam Menghadapi Society 5.0. Islamika : Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 19(02), 99–110. https://doi.org/10.32939/islamika.v19i02.458

Rahmat, R. (2019). Pendidikan Agama Islam Berwawasan Interdisipliner Sebagai Corak dan Solusi Pendidikan Agama Islam Era 4.0. Jurnal Pemikiran Keislaman, 30(2), 349–361. https://doi.org/10.33367/tribakti.v30i2.821

Rohmatika, R. V. (2019). Pendekatan Interdisipliner dan Multidisipliner Dalam Studi Islam. Al-Adyan: Jurnal Studi Lintas Agama, 14(1), 115–132. https://doi.org/10.24042/ajsla.v14i1.4681

Sari, R. M., & Amin, M. (2020). Implementasi Integrasi Ilmu Interdisipliner dan Multidisipliner: Studi Kasus di Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Prosiding Konferensi Integrasi Interkoneksi Islam dan Sains, 2, 8.

Setyaningsih, R. & Subiyantoro. (2017). Kebijakan Internalisasi Nilai-Nilai Islam Dalam Pembentukan Kultur Religius Mahasiswa. Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 12(1), 30.

Subandi, S. (2020). Quality Development Model of Management Islamic Religious Higher Education of Nahdltul Ulama. Jurnal Iqra’ : Kajian Ilmu Pendidikan, 5(2), 107–121. https://doi.org/10.25217/ji.v5i2.1195

Subandi, Choirudin, Mahmudi, Nizaruddin, & Hermanita. (2018). Building Interactive Communication with Google Classroom. International Journal of Engineering & Technology, 7(2.13), 460–463.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. CV. Alfabeta.

Umar, N. (2014). Konsep Hukum Modern: Suatu Perspektif Keindonesiaan, Integrasi Sistem Hukum Agama Dan Sistem Hukum Nasional. Walisongo: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 22(1), 157. https://doi.org/10.21580/ws.2014.22.1.263

Wahyudi, A., Salamun, S., Hamid, A., & Choirudin, C. (2021). Strategi Pengelolaan Vocational Life Skill Pada Pendidikan Islam. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Al-Idarah, 6(1), 39–45.