PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR QUR’AN HADITS MELALUI BELAJAR KELOMPOK indonesia

Main Article Content

Adhar Al Mursyid

Abstract

Abstract
Factor motivate in studying believed very have influencing acquirement of achievement learn
student. Ironically more than 60 % student do not have activity for studying of Quran Hadits, so
that require to be research of class action with aim to.; (1) Depicting the make-up of student
activity in studying team-work.(2) Depicting the make-up of result learn student in studying teamwork. Research of this Class Action is in 3 ( three ) Rotation, in each its cycle consist of phases:
planning, action, perception/ data collecting and of refleksi. To obtain get student activity data of
user observer team kolabolator, and data result of learning to be obtained to tes written. Result of
action indicate that team-work can improve result and activity learn student in studying of MA
Darul Ulum Result of action at student activity equal to to 92.50 ( Cycle one), 92.92 ( Cycle two),
and 93.55 ( Cycle three), and result learn student 66,77 (Cycle one), 68,40 ( Cycle two), and 70,70
( Cycle three).
Abstrak
Faktor motivasi dalam pembelajaran diyakini sangat mempengaruhi perolehan prestasi belajar
siswa. Ironisnya lebih dari 60 % siswa tidak memiliki aktivitas pembelajaran Qur’an Hadits,
sehingga perlu dilakukan penelitian tindakan kelas yang bertujuan;(1) Mendiskripsikan
peningkatan aktivitas siswa dalam pembelajaran melalui kerja kelompok. (2) Mendiskripsikan
peningkatan hasil belajar siswa melalui kerja kelompok. Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan
dalam 3 (tiga) siklus, pada setiap siklusnya terdiri dari tahap-tahap: perencanaan, tindakan,
pengamatan/ pengumpulan data dan refleksi. Untuk memperoleh data aktivitas siswa
menggunakan lembaran observasi, dan data hasil belajar diperoleh melalui tes tertulis. Dari hasil
tindakan menunjukkan bahwa kerja kelompok dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar
siswa dalam pembelajaran Qur’an Hadits. Hasil tindakan pada aktivitas siswa rata-rata sebesar
92.50 (Siklus I), 92.92 (Siklus II), dan 93.55 (Siklus III), dan hasil belajar siswa 66,77 (Siklus I),
68,40 (Siklus II), dan 70,70 (Siklus III).
Kata Kunci: Aktivitas, Hasil Belajar, Qur’an Hadits

Article Details

How to Cite
Adhar Al Mursyid. (2020). PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR QUR’AN HADITS MELALUI BELAJAR KELOMPOK: indonesia. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Al-Idarah, 2(2), 63–69. https://doi.org/10.54892/jmpialidarah.v2i2.10
Section
Articles