Jurnal PGMI Al-Ibda'
Vol. 3 No. 02 (2023)
Jurnal ini menyajikan serangkaian penelitian yang beragam dalam konteks pendidikan. Mulai dari implementasi Kurikulum Merdeka untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di SMPN 32 Bekasi, pengembangan media "Love to Read" berbasis Canva untuk meningkatkan keterampilan literasi, hingga pengaruh kepribadian guru Aqidah Akhlak terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII di MTS Dempo Darul Muttaqien (DDM) Pagar Natural City. Selain itu, jurnal ini juga membahas tentang pengaruh kecerdasan logis matematis terhadap kemampuan pemecahan masalah, strategi diskusi kelompok kecil menggunakan media audio visual dalam mata pelajaran PAI di SMP, serta penguatan karakter religius siswa melalui metode kuantum di SD Darun Najah, Kabupaten Batu Bara. Dengan memuat beragam topik ini, jurnal ini memberikan wawasan yang luas tentang berbagai aspek pendidikan, mulai dari pengembangan kurikulum hingga strategi pembelajaran yang inovatif.
Jurnal PGMI Al Ibda'
Vol. 1 No. 01 (2021)
Jurnal ini menggambarkan variasi penelitian yang menarik dalam konteks pendidikan. Mulai dari pengaruh penggunaan media pembelajaran Alat Permainan Edukatif (APE) terhadap perkembangan kognitif anak di PAUD Tunas Bangsa Podomoro Pringsewu, perbandingan metode Ice Breaking dengan Comparasi terhadap motivasi belajar siswa kelas III di MI Al-Khairiyah Sinar Baten Talangpadang, hingga pengaruh metode Picture and Picture dalam upaya meningkatkan hasil belajar Bahasa Inggris di SDIT Insan Rabbani Tegalsari. Jurnal ini juga membahas tentang upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan akhlak dan ketaatan ibadah siswa di SDN 1 Wonosari, metode karyawisata dalam meningkatkan kecerdasan naturalis di PAUD SPS An-Nabat Kelas A, serta hubungan antara kebiasaan literasi terhadap keterampilan berbicara di kelas 3 MIN 1 Pringsewu. Dengan keragaman topik ini, jurnal ini memberikan kontribusi penting terhadap pemahaman tentang berbagai strategi pendidikan dan pengembangan anak.
JURNAL PGMI Al-IBDA'
Vol. 4 No. 2 (2024)
Pada edisi kali ini, kami memaparkan enam naskah artikel yang mampu menjadi referensi ilmiah bagi para pembaca. Naskah pertama membahas tentang Penerapan Metode Role Playing Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Siswa. Kemudian pada artikel kedua membahas tentang Penerapan Metode Role Playing Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Siswa.
Pada artikel selanjutnya membahas tentang Peningkatan Hasil Belajar Siswa Penghitungan Pembagian Dua Angka Melalui Penerapan Model Pembelajaran Direct Instruction. Kemudian Topik lain yang tersaji pada edisi ini adalah Kompetensi Profesional Guru Dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka Belajar. Topik lain yang tersaji pada edisi ini Penerapan Model Lempar Bola Salju Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa. Pada artikel yang terakhir membahas tentang Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Analitis Siswa Dalam Pelajaran Pendidikan Agama Islam.
Jurnal PGMI Al Ibda'
Vol. 2 No. 1 (2022)
Pada edisi kali ini, kami memaparkan enam naskah artikel yang mampu menjadi referensi ilmiah bagi para pembaca. Naskah pertama membahas tentang pengembangan media pembelajaran. kemudian pada artikel kedua membahas tentang peningkatan inovasi kerja guru dalam proses pembelajaran melalui model supervisi klinis.
Pada artikel selanjutnya membahas tentang pengembangan budaya membaca anak melalui media pembelajaran pop up book. Kemudian Topik lain yang tersaji pada edisi ini adalah kemampuan mengenal huruf melalui permainan kartu huruf. topik lain yang tersaji pada edisi ini peran multimedia interaktif pembelajaran membaca al-qur’an berdasarkan ilmu tajwid dengan metode joyful learning. Pada artikel yang terakhir membahas tentang penerapan model pembelajaran index card match dalam meningkatkan hasil belajar
Jurnal PGMI Al Ibda'
Vol. 3 No. 01 (2023)
Pada edisi kali ini, kami memaparkan enam naskah artikel yang mampu menjadi referensi ilmiah bagi para pembaca. Naskah pertama membahas tentang upaya meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika melalui penerapan metode kontekstual. Kemudian pada artikel kedua membahas tentang penggunaan metode bermain peran dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa.
Pada artikel selanjutnya membahas tentang pendidikan karakter untuk siswa sekolah dasar dalam menghadapi era globalisasi. Kemudian Topik lain yang tersaji pada edisi ini adalah Strategi Guru Bimbingan dan Konseling atau BK Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa. Topik lain yang tersaji pada edisi ini penerapan metode pembelajaran problem solving dalam menigkatak hasil belajar siswa. Pada artikel yang terakhir membahas tentang kemampuan mengenal huruf melalui permainan kartu huruf.
JURNAL PGMI Al-IBDA'
Vol. 4 No. 01 (2024)
Jurnal ini mencakup beragam penelitian tentang pendidikan karakter dan strategi pengajarannya. Penelitian mencakup analisis terhadap strategi guru dalam menerapkan pendidikan karakter siswa dalam Kurikulum Merdeka, peran penguatan profil siswa Pancasila di sekolah dasar untuk mengatasi perilaku bullying, peningkatan prestasi dalam pembelajaran PKN melalui pembelajaran berbasis Adobe Flash, analisis bahan ajar pendidikan Pancasila dalam mencegah bullying, serta pendidikan karakter berbasis Kearifan Lokal Piil Pesenggiri Lampung. Selain itu, jurnal ini juga membahas aplikasi Kurikulum Mandiri dalam pengembangan aktivitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Swasta Muhammadiyah 02 Medan. Dengan memuat beragam topik ini, jurnal ini memberikan wawasan mendalam tentang berbagai pendekatan dalam pendidikan karakter dan pembelajaran agama, serta upaya pencegahan perilaku bullying di lingkungan sekolah.
Jurnal PGMI Al Ibda'
Vol. 1 No. 02 (2021)
AL-IBDA ’is a basic education and learning journal managed by the Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education Program Study of STIT Pringsewu. This journal is published twice a year, namely in March and September. The AL-IBDA journal 'is a tool for researchers, academics, and practitioners who are interested in basic education and learning studies, and wish to channel their thoughts and findings, especially those related to studies in the field of elementary school or madrasah ibtidaiyah studies. The articles published are the results of research, scientific and critical and comprehensive research on important and current issues covered in the journals. The focus and scope include several fields of study related to basic education, namely: Natural Sciences, Social Sciences, Indonesian Language, English Language, Arabic Language , Mathematics, and Physical Education.
Jurnal PGMI Al Ibda'
Vol. 2 No. 02 (2022)
Pada edisi kali ini, kami memaparkan enam naskah artikel yang mampu menjadi referensi ilmiah bagi para pembaca. Naskah pertama membahas tentang pola penerapan karakteristik pada siswa. Kemudian pada artikel kedua membahas tentang kemampuan membaca menggunakan media gambar.
Pada artikel selanjutnya membahas tentang pendidikan agama islam dalam membentuk karakter. Kemudian Topik lain yang tersaji pada edisi ini adalah Review : Peran Administrasi Pendidikan Dalam Meningkatkan Profesioanalisme Guru PAI. topik lain yang tersaji pada edisi ini analisis persahabatan siswa mi raden intan gadingrejo berdasarkan: Perspektif George Caspar Homans. Pada artikel yang terakhir membahas tentang strategi guru dalam meningkatan motivasi.