https://ejurnal-stitpringsewu.ac.id/index.php/alibda/issue/feed Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah AL-IBDA' 2020-11-11T06:46:03+00:00 Eri Purwanri alibdastit@gmail.com Open Journal Systems <p>AL-IBDA’ merupakan jurnal pendidikan dan pembelajaran dasar yang dikelola oleh Program Studi PGMI STIT Pringsewu. Jurnal ini terbit dua kali dalam satu tahun, yaitu pada bulan Maret dan September. Jurnal AL-IBDA’ menjadi sarana bagi peneliti, akademisi, dan praktisi yang tertarik dengan kajian pendidikan dan pembelajaran dasar, dan berkeinginan untuk menyalurkan pemikiran dan temuannya, terutama yang berkaitan dengan kajian dalam bidang studi sekolah dasar atau madrasah ibtidaiyah. Artikel yang dimuat adalah hasil penelitian, telaah ilmiah dan kritis serta komprehensif atas isu penting dan terkini yang tercakup dalam pembidangan jurnal.Fokus dan skopnya meliputi beberapa bidang kajian yang berhubungan dengan pendidikan dasar yaitu: IPA, IPS, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Bahasa Arab, Matematika, dan Pendidikan Jasmani.</p> https://ejurnal-stitpringsewu.ac.id/index.php/alibda/article/view/123 PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF ( APE ) TERHADAP PENINGKATAN PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK IN PAUD TUNAS BANGSA PODOMORO PRINGSEWU 2020-10-05T04:00:56+00:00 Nada Sholiha Romadhona nadasholiha88@gmail.com Nurhadi Kusuma stitpringsewu@gmail.com syeh al ngarifin stitpringsewu@gmail.com <p><strong>Abstrack</strong></p> <p>The problem of this research is the development of cognitive development in children. This study aims to determine the effect of the use of instructional media on educational learning tools to improve children’s cognitive development. This research is a quantitave . The population of this study is a group of aids buds of podomoro nation pringsewu sub-district, preweew district, amounting to forty one children and the sample was forty one children. Data collection techniques use observase and questionnaries. Data were analysed using regression tests. The results of this study showed an increase in children’s cognitive development with learning media educational game tools with t arithmetic = 10,405 with a significant value of&nbsp; 0,682 &gt; 0,05 , then h0 is accepted which means there is a significant effect of the variable then on the participant variable of 68,2%.</p> <p>&nbsp;</p> <p>Keyword : Cognitive development , learning media</p> <p>&nbsp;</p> <p><strong>Abstrak</strong></p> <p>Masalah dalam penelitian ini adalah belum berkembangnya perkembangan kognitif anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran alat permainan edukatif APE terhadap peningkatan perkembangan kognitif anak usia dini . Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah kelompok A PAUD Tunas Bangsa Podomoro Kecamatan Pringsewu Kabupaten Pringsewu berjumlah 41 anak dan sampelnya berjumlah 41 anak . Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan kuesioner. Data dianalisis dengan menggunakan <em>uji regeranssion</em>. Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan perkembangan kognitif anak dengan media pembelajaran alat permainan &nbsp;edukatif APE dengan &nbsp;di ketahui nilai T<em>hitung</em> = 10,405 dengan nilai signifikan 0,682 &gt; 0,05, maka Ho ditolak dan H1 diterima yang berarti ada pengaruhnya yang &nbsp;nyata ( signifikan ) variable trust ( x ) terhadap variable partisipan&nbsp; ( Y ) sebesar 68,2 %.</p> <p>Kata Kunci : Perkembangan Kognitif , Media APE</p> 2020-11-11T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2020 Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah AL-IBDA' https://ejurnal-stitpringsewu.ac.id/index.php/alibda/article/view/124 PERBANDINGAN ANTARA METODE ICE BREAKING DENGAN COMPARASI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS III DI MI AL-KHAIRIYAH SINAR BATEN TALANGPADANG 2020-10-05T04:15:04+00:00 Rexsa Habsah RexsaHabsah27@gmail.com Muhtarom muhtarom29@gmail.com Abdul Hamid hamidstai@yahoo.co.id <p><strong>Abstract</strong></p> <p>This study aims to determine the effect of ice breaking use on student motivation and find out the comparison between the ice breaking method with the comparison of learning motivation in class III MI Al-khairiyah Sinar Banten Talangpadang students. The research method used is a quantitative method and the sample in this study was class III A and class III B MI Al-Khairiyah Sinar Banten which was divided into two, namely the experimental class and the control class. The total number of samples of this study were 68 students, consisting of 34 experimental class students and 34 control classes. Instrument The type of research used is one sample research t test consisting of the experimental class and the control class, with the experimental class of the research used is motivation learning questionnaire and observation of learning motivation. The giving of learning motivation questionnaire after giving treatment then the acquisition of value will be compared with the class without giving (control) the results are tested through one sample t test. From the calculation results, the average value of the experimental class is 44.12 and the control class is 29.45 with the sig experimental class 0,000 and the control class 0.05, H0 is rejected and Ha is accepted. It can be concluded that there is the influence of the application of the ice breaking method when learning takes place to increase the learning motivation of class III students of MI Al-Khairiyah Sinar Banten Talangpadang.</p> <p><strong>Keywords:</strong> Ice Breaking, Increased Motivation To Learn</p> <p>&nbsp;</p> <p>&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp; <strong>Abstrak</strong></p> <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan <em>ice breaking</em> terhadap motivasi belajar siswa dan mengetahui perbandingan antara metode ice breaking dengan comparasi terhadap motivasi belajar pada siswa kelas III MI Al-khairiyah Sinar Banten Talangpadang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas III A dan kelas III B MI Al-Khairiyah Sinar Banten yang terbagi menjadi dua, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Jumlah total sampel penelitian ini adalah 68 siswa, yang terdiri dari 34 siswa kelas eksperimen dan 34 kelas kontrol. Instrument Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian <em>one sampel t test</em> yang terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol, dengan kelas eksperimen penelitian yang digunakan adalah angket motivasi belajar dan observasi motivasi belajar. Pemberian angket motivasi belajar sesudah memberikan perlakuan senlanjutnya perolehan nilai akan dibandingkan dengan kelas yang tanpa pemberian (kontrol) hasilnya diuji melalui <em>one sampel t test</em>. Dari hasil perhitungan diperoleh nilai rata-rata hitung kelas eksperimen sebesar 44,12 dan kelas kontrol sebesar 29,45 dengan sig kelas eksperimen 0,000 dan kelas kontrol&nbsp;&nbsp; 0,05 maka H<sub>0</sub> ditolak dan H<sub>a </sub>diterima. Dapat disimpulkan ada pengaruh penerapan metode <em>ice breaking</em> saat pembelajaran berlangsung terhadap peningkatan motivasi&nbsp; belajar siswa kelas III MI Al-Khairiyah Sinar Banten Talangpadang.</p> <p><strong>Kata-Kata Kunci</strong>: <em>Ice Breaker</em>, Motivasi Belajar</p> 2020-11-11T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2020 Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah AL-IBDA' https://ejurnal-stitpringsewu.ac.id/index.php/alibda/article/view/125 PENGARUH METODE PICTURE AND PICTURE DALAM UPAYA PENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS KELAS 1 DI SDIT INSAN RABBANI TEGALSARI 2020-10-05T04:33:38+00:00 Septi Lestari sptilstrii@gmail.com Aidil Adhar aulia.mediacenter@gmail.com Evi Gusliana stitpringsewu@gmail.com <h1>Abstract</h1> <p>This research is motivated by student learning outcomes still low. Therefore, from the many problems faced</p> <p>by teachers in delivering English material to elementary school students in grade 1. To anticipate this, a new paradigm shift is needed, namely by increasing teacher knowledge of conventional learning methods to active learning methods such as learning methods Picture and Picture to improve learning outcomes conducted in grade 1 SDIT Insan Rabbani Tegalsari, This research is a Classroom Action Research (CAR) which was conducted in 2 cycles with the object of research was class 1 SDIT Insan Rabbani Tegalsari, which consisted of 28 students consisting of 14 male students and 14 female students. The factors investigated in this study are student learning outcomes, teacher and student activities and the application of Picture and Picture learning methods. The results showed that the application of the Picture and Picture method in Class 1 SDIT Insan Rabbani Tegalsari can significantly improve student learning outcomes. Pre-cycle activities show that overall student learning outcomes only reach 56.52%, after actions taken in the first cycle using Picture and Picture learning methods student learning outcomes increase student learning completeness by 65.21%, then proceed to the second cycle and increase learning completeness amounting to 82.60%.</p> <p>&nbsp;</p> <p><strong>Keywords</strong>: Learning, Picture and Picture, learning outcome</p> <p>&nbsp;</p> <p>&nbsp;</p> <p>&nbsp;</p> <h2>Abstrak</h2> <p>Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar siswa masih rendah. Oleh sebab itu, dari banyaknya masalah yang di hadapi oleh guru dalam menyampaikan materi Bahasa Inggris pada siswa SD kelas 1. Untuk mengantisipasi hal tersebut perlu diadakan perubahan paradigma baru, yaitu dengan menambah pengetahuan guru terhadap metode pembelajaran konvensional ke metode pembelajaran yang aktif seperti metode pembelajaran <em>Picture and Picture </em>untuk meningkatkan hasil belajar yang dilakukan pada siswa kelas 1 SDIT Insan Rabbani Tegalsari, Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan sebanyak 2 siklus dengan objek penelitian adalah siswa kelas 1 SDIT Insan Rabbani Tegalsari yang berjumlah 28 siswa yang terdiri dari 14 orang siswa laki-laki dan 14 orang siswa perempuan. Faktor yang diselidiki dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa, aktivitas guru dan siswa dan penerapan metode pembelajaran <em>Picture and Picture</em>. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode <em>Picture and Picture </em>di Kelas 1 SDIT Insan Rabbani Tegalsari dapat meningkatkan hasil belajar siswa secara signifikan. Kegiatan prasiklus menunjukkan bahwa hasil belajar siswa secara keseluruhan hanya mencapai 56.52%, setelah dilakukan tindakan pada siklus I dengan menggunakan metode pembelajaran <em>Picture and Picture </em>hasil belajar siswa mengalami peningkatan ketuntasan belajar siswa sebesar 65.21%, kemudian dilanjutkan pada tindakan siklus II dan mengalami peningkatan ketuntasan belajar sebesar 82.60%.</p> <p><strong>Kata Kunci</strong>: Metode, <em>Picture and Picture, </em>hasil belajar</p> 2020-11-11T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2020 Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah AL-IBDA' https://ejurnal-stitpringsewu.ac.id/index.php/alibda/article/view/vol01no012021 UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN AKHLAK DAN KETAATAN IBADAH SISWA DI SDN 1 WONOSARI 2020-10-05T06:02:45+00:00 Hidayatun Soleha hidayatunsoleha97@gmail.com Ulfa Umurohmi ulfaumurohmi@gmail.com Salamun stitpringsewu@gmail.com <p>Abstract</p> <p>&nbsp;</p> <p>The problem in this research is how the efforts of PAI teachers in improving students' morality and obedience of worship so that students can have noble character both in personal life, in society, nation and state. In addition, to improve the faith, understanding, appreciation and practice of students about Islam. This study aims to determine the morals and obedience of worship of students in schools, efforts or methods of PAI teachers in improving the morality and obedience of worship of students, Knowing the obstacles or obstacles perceived by PAI teachers, and knowing the results of PAI teachers 'efforts in improving students' morals and obedience SDN 1 Wonosari. The method used by PAI teachers in improving students' morality and obedience in worship is using habituation methods, exemplary methods, and giving reward and punishment. This research is a qualitative research. The population of this study were all students of SDN 1 Wonosari class I-VI which amounted to 154 students and the samples were class VI students, amounting to 29 children. The technique of collecting data uses library studies, interviews, documentation, and observation. Data are analyzed using techniques including data reduction, data presentation, and conclusion drawing. The results of this study indicate that the habituation method, exemplary method, and reward and punishment make students more disciplined, moral, and more motivated in doing good and more careful in acting.</p> <p>&nbsp;</p> <p>Keywords: Teacher, Morals, Worship</p> <p>&nbsp;</p> <p>&nbsp;</p> <p>Abstrak</p> <p>&nbsp;</p> <p>Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana upaya guru PAI dalam meningkatkan akhlak dan ketaatan ibadah siswa agar peserta didik dapat berakhlak yang mulia baik dalam kehidupan pribadi, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Selain itu, untuk meningkatkan keimanan, pemahaman, penghayatan dan pengamalan peserta didik tentang agama islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui akhlak dan ketaatan ibadah siswa di sekolah, upaya atau metode guru PAI dalam meningkatkan akhlak dan ketaatan ibadah siswa, Mengetahui kendala atau hambatan yang dirasakan guru PAI, serta mengetahui hasil dari upaya guru PAI dalam meningkatkan akhlak dan ketaatan ibadah siswa di SDN 1 Wonosari. Metode yang digunakan oleh guru PAI dalam meningkatkan akhlak dan ketaatan ibadah siswa yaitu menggunakan metode pembiasaan, metode keteladanan, dan pemberian reward dan punishment. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Populasi dari penelitian ini adalah semua peserta didik&nbsp; SDN 1 Wonosari kelas I-VI yang berjumlah 154 siswa dan sampelnya yaitu peserta didik kelas VI yang berjumlah 29 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan studi perpustakan, wawancara, dokumentasi, dan observasi. Data dianalisis menggunakn teknik-teknik diantaranya reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dengan metode pembiasaan, metode keteladanan, dan pemberian reward dan punishment membuat siswa menjadi lebih disiplin, berakhlakul karimah, dan lebih termotivasi lagi dalam berbuat kebaikan serta lebih berhati-hati dalam bertindak.</p> <p>Kata Kunci :Guru, Akhlak, Ibadah</p> 2020-11-11T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2020 Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah AL-IBDA' https://ejurnal-stitpringsewu.ac.id/index.php/alibda/article/view/127 METODE KARYAWISATA DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN NATURALIS DI PAUD SPS AN-NABAT KELAS A 2020-10-05T06:08:49+00:00 Azizah Destarani destaraniazizah139@gmail.com Dedi Irawan stitpringsewu@gmail.com Amrulloh Khoirul Ma'arif stitpringsewu@gmail.com <p><strong>Abstract</strong></p> <p>One of the intelligences that needs to be developed in early childhood is naturalist intelligence. If naturalist intelligence has been improved early on in children, then many natural damage that occurs today can be minimized. Increasing the naturalist intelligence of children can be started from the school environment and through ways that many children like, namely by tourism. This study uses quantitative data, where data is in the form of numbers and analyzed using statistics. This study uses a survey technique that is taking samples of one population and using observation as a basic data collection tool. The population of this study was the PAUD SPS An-Nabat in the Tanjung Anom Pringsewu area. While the sample was taken 10 students from 18 class A students. The instruments used in this study were questionnaires. From the results of the study, it can be concluded the influence of the independent variable (Trust) on the dependent variable (participation) is 68,7% with equations Y= 13,680+0,687. While the rest is influenced by other variables.</p> <p>&nbsp;</p> <p><strong>Keywords:</strong> Field trip, naturalist intelligence</p> <p>&nbsp;</p> <p><strong>&nbsp;</strong></p> <p>&nbsp;</p> <p><strong>Abstrak</strong></p> <p>Salah satu kecerdasan yang perlu di kembangkan pada anak usia dini yaitu kecerdasan naturalis. Bila kecerdasan naturalis sudah ditingkatkan sejak dini pada anak-anak, maka kerusakan alam yang banyak terjadi saat ini dapat diminimalisir. Meningkatkan kecerdasan naturalis anak dapat dimulai dari lingkungan sekolah dan melalui cara yang banyak disukai anak, yaitu dengan karya wisata. Penelitian ini menggunakan data kuantitatif, dimana data berupa angka dan dianalisis menggunakan statistik. Penelitian ini menggunakan teknik survei yakni mengambil sampel sari satu populasi dan menggunakan observasi sebagai alat pengumpul data yang pokok. Populasi penelitian ini yaitu PAUD SPS An-Nabat yang ada di wilayah Tanjung Anom Pringsewu. Sedangkan sampel di ambil 10 siswa dari 18 siswa kelas A. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket. Dari hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa pengaruh variable bebas (Trust) terhadap variable terikat (partisipasi) adalah 68,7% dengan persamaan Y= 13,680+0,687. Sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variable lainnya.</p> <p><strong>Kata kunci:</strong> Karyawisata, kecerdasan naturalis</p> 2020-11-11T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2020 Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah AL-IBDA' https://ejurnal-stitpringsewu.ac.id/index.php/alibda/article/view/122 HUBUNGAN ANTARA KEBIASAAN LITERASI TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA DI KELAS 3 MIN 1 PRINGSEWU 2020-10-05T03:45:40+00:00 Mela Fadila Tussani melafadila1003@gmail.com Ruly Nadian Sari rulynadiansari@gmail.com Dwi Rohmadi Mustofa dwirohmadimustofa91@gmail.com <p><strong>Abstract</strong></p> <p>The problem in this study is that there are still students who have not been fluent in reading, and the lack of interest of students in this regard so that middle-class students in the level of development of the child still do not master the material at school. This goal is to find out the relationship between the habits of literacy towards speaking skills in class 3 MIN 1 Pringsewu. This type of research is quantitative research. Data collection techniques using questionnaires ( Questionnaries ) observation, interviews. The population in this study amounted to 217 students. The sample in this study were 25 students with cluster techniques at MIN 1 Pringsewu sub-district Pringsewu district. Data were analyzed using regression tests. With the known value of tarithmetic = 3,263 with a significant value of 0,580 &lt; 0,05, then H0 is accepted which means there is a ( significant ) effect of trust ( x ) variable on the participant variable ( Y ).</p> <p>&nbsp;</p> <p>Keyword : Related Literacy, Speaking Skills</p> <p>&nbsp;</p> <p><strong>Abstrak </strong></p> <p><strong>&nbsp;</strong></p> <p>Masalah dalam penelitian ini adalah masih adanya siswa yang belum lancar dalam membaca, dan kurangnya minat siswa dalam hal tersebut sehingga siswa tingkat kelas menengah tingkat perkembangan anak tersebut masih belum menguasai materi di sekolah. Tujuan ini untuk mengetahui hubungan antara kebiasaan literasi terhadap keterampilan berbicara di kelas 3 MIN 1 Pringsewu. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, teknik pengumpulan data menggunakan angket ( kuesioner ) observasi, wawancara. Populasi dalam penelitian ini&nbsp; berjumlah 217 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah 25 siswa dengan teknik cluster di MIN 1 Pringsewu Kecamatan Pringsewu Kabupaten Pringsewu. Data dianalisis menggunakan uji regression. Dengan diketahui nilai t hitung = 3,263 dengan nilai siginifikan 0,580 &lt;&nbsp; 0,05, maka H0 ditolak dan H1 diterima yang berarti ada pengaruhnya yang nyata ( signifikan ) variable trust ( x ) terhadap variable partisipan ( Y ).</p> <p>Kata kunci : Keterkaitan Literasi, Keterampilan Berbicara</p> 2020-11-11T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2020 Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah AL-IBDA'