Strengthening Students' Religious Character Through Quantum Methods at Darun Najah Elementary School, Batu Bara Regency
Main Article Content
Abstract
Pendidikanl yangl berorientasil padal pembentukanl karakterl religiusl diperlukanl dalaml rangkal mengembangkanl danl memperkuatl hakikatl luhurl kemanusiaanl dil tengahl keprihatinanl terhadapl fenomenal sosiall yangl muncull akhir-akhirl inil yangl sangatl meresahkan.l Sepertil fenomenal kekerasanl dalaml menyelesaikanl masalah,l meningkatnyal perilakul merusakl diril sendiri,l memudarnyal budayal toleransi,l menurunnyal perilakul sopan,l perilakul jujur,l danl menurunnyal rasal beragamal dil kalanganl pelajar.l Tujuanl penelitianl inil adalahl untukl membangkitkanl kesadaranl siswal akanl keberadaanl Allah Yang Maha Esa sebagai Pencipta dan sifat-sifat Allah untuk selanjutnya dapat merawat dan melaksanakan perintah-Nya. Peran guru dalam mengintegrasikan karakter religius ke dalam pembelajaran cukup layak namun tidak memanfaatkan media pembelajaran yang konkret, sehingga siswa belajar melalui buku cetak dan tugas. Guru dapat melaksanakan pembelajaran melalui metode Quantum dengan memanfaatkan media apapun. Penelitian ini diharapkan dapat melahirkan pemahaman bahwa membangun penguatan karakter religius siswa dapat diwujudkan melalui metode Quantum.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
References
Aktivitas, P., Di, K., & Laut, B. T. (2022).
Pembentukan karakter religius melalui
pembiasaan aktivitas keagamaan di sman 1
bunguran timur laut.
Bala, R., & Tong, J. (n.d.). Metode Pembelajaran
Quantum Learning , Hasil Belajar dan
Pendidikan Agama Islam. 2(2), 45–53.
https://doi.org/10.56741/jgi.v2i02.216
Dasar, D. I. S. (2019). AL-TARBIYAH : JURNAL
PENDIDIKAN ( The Educational Journal )
PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA
ISLAM MELALUI PENERAPAN MODEL
PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING.
(1), 86–95.
Faj, N. A., Fakhri, J., & Yusandika, A. D. (2018).
EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN
QUANTUM TEACHING DENGAN METODE
PRAKTIKUM TERHADAP HASIL BELAJAR.
(2), 39–45.
Kec, M., Kab, B., Utara, L., & Palopo, I. (2019).
Pascasarjana institut agama islam negeri iain
palopo 2019.
Mayangsari, D., Umroh, V., Universitas, P., & Madura,
T. (2012). Peran keluarga dalam memotivasi
anak usia dini dengan metode quantum
learning. 76–82.
Metode, I., Teaching, Q., Motivasi, M., Siswa, B.,
Pendidikan, P., Islam, A., & Hehaitu, M. (2021).
Jurnal Al-Fatih Jurnal Pendidikan Islam PISSN: 2809-2104
______________________________ E-ISSN:
-2341. 1, 95–105.
Metode, P., & Teaching, Q. (2023). Pengertian :
Jurnal Pendidikan Indonesia ( PJPI ).
https://doi.org/10.00000/pjpi.v1n12023
Nusa, P., & Timur, T. (n.d.). Volume 1, No. 1. 1(1), 41–
Pai, P., Sdn, D. I., Pati, P., & Zafi, A. A. (2018). Model
pembelajaran. 19.
Rahman, M. H. (2020). PROGRAM DOKTORAL
PASCASARJANA STUDI ISLAM. 1–20.
Sadiyah, K. (2015). MODEL PEMBELAJARAN
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM ( PAI )
BERBASIS QUANTUM TEACHING DI SMP
SE-KABUPATEN. 12(1).
Santoso, D. (2021). Program pascasarjana institut
agama islam negeri (iain) bengkulu tahun 2021