Strengthening Students' Religious Character Through Quantum Methods at Darun Najah Elementary School, Batu Bara Regency

Main Article Content

Erika Putri Chairani
Fuji Rahmadi

Abstract

Pendidikanl  yangl  berorientasil  padal  pembentukanl  karakterl  religiusl  diperlukanl  dalaml  rangkal  mengembangkanl  danl  memperkuatl  hakikatl  luhurl  kemanusiaanl  dil  tengahl  keprihatinanl  terhadapl  fenomenal  sosiall  yangl  muncull  akhir-akhirl  inil  yangl  sangatl  meresahkan.l  Sepertil  fenomenal  kekerasanl  dalaml  menyelesaikanl  masalah,l  meningkatnyal  perilakul  merusakl  diril  sendiri,l  memudarnyal  budayal  toleransi,l  menurunnyal  perilakul  sopan,l  perilakul  jujur,l  danl  menurunnyal  rasal  beragamal  dil  kalanganl  pelajar.l  Tujuanl  penelitianl  inil  adalahl  untukl  membangkitkanl  kesadaranl  siswal  akanl  keberadaanl  Allah Yang Maha Esa sebagai Pencipta dan sifat-sifat Allah untuk selanjutnya dapat merawat dan melaksanakan perintah-Nya. Peran guru dalam mengintegrasikan karakter religius ke dalam pembelajaran cukup layak namun tidak memanfaatkan media pembelajaran yang konkret, sehingga siswa belajar melalui buku cetak dan tugas. Guru dapat melaksanakan pembelajaran melalui metode Quantum dengan memanfaatkan media apapun. Penelitian ini diharapkan dapat melahirkan pemahaman bahwa membangun penguatan karakter religius siswa dapat diwujudkan melalui metode Quantum.

Article Details

How to Cite
Chairani, E. P. ., & Rahmadi, F. (2023). Strengthening Students’ Religious Character Through Quantum Methods at Darun Najah Elementary School, Batu Bara Regency. Al-Ibda: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(02), 80–85. https://doi.org/10.54892/jpgmi.v3i02.352
Section
Articles

References

Aktivitas, P., Di, K., & Laut, B. T. (2022).

Pembentukan karakter religius melalui

pembiasaan aktivitas keagamaan di sman 1

bunguran timur laut.

Bala, R., & Tong, J. (n.d.). Metode Pembelajaran

Quantum Learning , Hasil Belajar dan

Pendidikan Agama Islam. 2(2), 45–53.

https://doi.org/10.56741/jgi.v2i02.216

Dasar, D. I. S. (2019). AL-TARBIYAH : JURNAL

PENDIDIKAN ( The Educational Journal )

PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA

ISLAM MELALUI PENERAPAN MODEL

PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING.

(1), 86–95.

Faj, N. A., Fakhri, J., & Yusandika, A. D. (2018).

EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN

QUANTUM TEACHING DENGAN METODE

PRAKTIKUM TERHADAP HASIL BELAJAR.

(2), 39–45.

Kec, M., Kab, B., Utara, L., & Palopo, I. (2019).

Pascasarjana institut agama islam negeri iain

palopo 2019.

Mayangsari, D., Umroh, V., Universitas, P., & Madura,

T. (2012). Peran keluarga dalam memotivasi

anak usia dini dengan metode quantum

learning. 76–82.

Metode, I., Teaching, Q., Motivasi, M., Siswa, B.,

Pendidikan, P., Islam, A., & Hehaitu, M. (2021).

Jurnal Al-Fatih Jurnal Pendidikan Islam PISSN: 2809-2104

______________________________ E-ISSN:

-2341. 1, 95–105.

Metode, P., & Teaching, Q. (2023). Pengertian :

Jurnal Pendidikan Indonesia ( PJPI ).

https://doi.org/10.00000/pjpi.v1n12023

Nusa, P., & Timur, T. (n.d.). Volume 1, No. 1. 1(1), 41–

Pai, P., Sdn, D. I., Pati, P., & Zafi, A. A. (2018). Model

pembelajaran. 19.

Rahman, M. H. (2020). PROGRAM DOKTORAL

PASCASARJANA STUDI ISLAM. 1–20.

Sadiyah, K. (2015). MODEL PEMBELAJARAN

PENDIDIKAN AGAMA ISLAM ( PAI )

BERBASIS QUANTUM TEACHING DI SMP

SE-KABUPATEN. 12(1).

Santoso, D. (2021). Program pascasarjana institut

agama islam negeri (iain) bengkulu tahun 2021

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.