Small Group Discussion Strategy Using Audio Visual Media in Class VII PAI Subjects at SMP Muhammadiyah 47 Sunggal
Main Article Content
Abstract
Kurangnya penggunaan strategi dan media pembelajaran yang mendukung proses pembelajaran dapat menyulitkan siswa untuk memahami dan memecahkan masalah yang berkaitan dengan materi yang dipelajari, sehingga akan berdampak pada nilai dan pengetahuan siswa yang tidak sesuai dengan ketentuan atau visi dan misi yang ditetapkan oleh sekolah. Media dapat membantu memudahkan siswa dalam memahami proses pembelajaran, namun disini peneliti menggunakan media audio visual untuk diteliti di sekolah. Tujuan dilakukannya penelitian ini untuk mengetahui respon dan kelengkapan serta efektivitas proses belajar siswa, dan bagaimana siswa dapat memahami materi yang disampaikan saat berdiskusi juga disertai dengan media audio visual dengan strategi diskusi kelompok kecil. Penelitian ini berjudul Strategi Diskusi Kelompok Kecil Dengan Media Audio Visual Pada Mata Pelajaran PAI Kelas VII di SMP Muhammadiyah 47 Sunggal.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
References
Afdol, A., & Mahruddin, A. (2015). Pengaruh Media Film Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 14–27.
Apriano, D. (2014). “Meningkatkan Keterampilan Kerja Sama Siswa Dalam Belajar Melalui Pembelajaran Kolaboratif,.” Jurnal Prospektus, 9(2), 167.
Bathol, I. (n.d.). Syarah Shohih Bukhari, Kitabul Madhlum Wal Qhodhobi, Al Maktabah Al- Syamilah.
Desi, S. (2020). Implementasi Metode Small Group Discussion (SGD) Dengan Bantuan Media Audio Visual Dalam Meningkatkan Kerja Sama Siswa Kelas IV Pada Mata Pelajaran SKI di MI NU Nahdlotul Wathon Piji Dawe Kudus. 9–41. http://repository.iainkudus.ac.id/4099/
Hamdayana, J. (2015). Model Dan Metode Pembelajaran Kreatif Dan Berkarakter. Bogor: Ghalia Indonesia.
Iv, B. A. B., Mi, A. G., Nahdlotul, N. U., & Piji, W. (2020). Data Dokumentasi MI NU Nahdlotul Wathon, 18 Juli, 2020. 49.
Khuriyah. (2014). Metodologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Sukoharjo: Fataba Press.
Moleong. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). Bandung: Remaja Rosda Karya.
Muhtarom, H., & Kurniasih, D. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Abad 21 Terhadap Pembelajaran Sejarah Eropa. Bihari: Pendidikan Sejarah Dan Ilmu Sejarah, 3(2), 59–65.
Rianto, B., & Effendi, N. S. (2020). Pengaruh Penyuluhan Metode Small Group Discuss terhadap Pengingkatan Pengetahauan tentang TB. Citra Delima : Jurnal Ilmiah STIKES Citra Delima Bangka Belitung, 4(1), 1–6. https://doi.org/10.33862/citradelima.v4i1.94
Shihab, M. Q. (2010). Al-Qur’an dan Maknanya. Jakarta: Lentera Hati.
Shodiq, S. F. (2018). “Revival Tujuan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Di Era Revolusi Industri 4.0.” At-Tajdid : Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 2(2), 216. https://doi.org/10.24127/att.v2i02.870
Solikhatun Markhati, E. (2022). Diajukan kepada Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Magelang untuk Memenuhi Salah Satu Syarat guna Memperoleh Gelar Sarjana Pendidikan Oleh. https://jatengprov.go.id/beritadaerah/kabupaten-magelang-usulkan-penambahan-guru-agama/
Su’dadah. (2014). “Kedudukan Dan Tujuan Pendidikan Agama Islam Di Sekolah.” Jurnal Kependidikan, 2(2), 143. https://doi.org/10.24090/jk.v2i2.557
Suherni, W. (2019). Pengembangan Metode Sosiodrama dan Media Audio Visual (Film Pendek) dalam Menumbuhkan Sikap Beragama Siswa di SMA Negeri 5 Rejang Lebong. Al-Bahtsu, 4(1), 104–114.
Supriyanto, D. (2017). “Penerapan Model Pembelajaran Small Group Discussion Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Materi Dunia Tumbuhan Dan Dunia Hewan” Presentasi Pada Seminar Nasional Pendidikan, Palembang, Universitas Muhammadiyah. Palembang: Universitas Muhammadiyah.