HUBUNGAN ANTARA KEBIASAAN LITERASI TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA DI KELAS 3 MIN 1 PRINGSEWU indonesia

Main Article Content

Mela Fadila Tussani
Ruly Nadian Sari
Dwi Rohmadi Mustofa

Abstract

Abstract


The problem in this study is that there are still students who have not been fluent in reading, and the lack of interest of students in this regard so that middle-class students in the level of development of the child still do not master the material at school. This goal is to find out the relationship between the habits of literacy towards speaking skills in class 3 MIN 1 Pringsewu. This type of research is quantitative research. Data collection techniques using questionnaires ( Questionnaries ) observation, interviews. The population in this study amounted to 217 students. The sample in this study were 25 students with cluster techniques at MIN 1 Pringsewu sub-district Pringsewu district. Data were analyzed using regression tests. With the known value of tarithmetic = 3,263 with a significant value of 0,580 < 0,05, then H0 is accepted which means there is a ( significant ) effect of trust ( x ) variable on the participant variable ( Y ).


 


Keyword : Related Literacy, Speaking Skills


 


Abstrak


 


Masalah dalam penelitian ini adalah masih adanya siswa yang belum lancar dalam membaca, dan kurangnya minat siswa dalam hal tersebut sehingga siswa tingkat kelas menengah tingkat perkembangan anak tersebut masih belum menguasai materi di sekolah. Tujuan ini untuk mengetahui hubungan antara kebiasaan literasi terhadap keterampilan berbicara di kelas 3 MIN 1 Pringsewu. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, teknik pengumpulan data menggunakan angket ( kuesioner ) observasi, wawancara. Populasi dalam penelitian ini  berjumlah 217 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah 25 siswa dengan teknik cluster di MIN 1 Pringsewu Kecamatan Pringsewu Kabupaten Pringsewu. Data dianalisis menggunakan uji regression. Dengan diketahui nilai t hitung = 3,263 dengan nilai siginifikan 0,580 <  0,05, maka H0 ditolak dan H1 diterima yang berarti ada pengaruhnya yang nyata ( signifikan ) variable trust ( x ) terhadap variable partisipan ( Y ).


Kata kunci : Keterkaitan Literasi, Keterampilan Berbicara

Article Details

How to Cite
Mela Fadila Tussani, Ruly Nadian Sari, & Dwi Rohmadi Mustofa. (2020). HUBUNGAN ANTARA KEBIASAAN LITERASI TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA DI KELAS 3 MIN 1 PRINGSEWU: indonesia. Al-Ibda: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1(01), 41–46. https://doi.org/10.54892/jpgmi.v1i1.122
Section
Articles