AL-IBDA merupakan jurnal pendidikan dan pembelajaran dasar yang dikelola oleh Program Studi PGMI STIT Pringsewu. Jurnal ini terbit dua kali dalam satu tahun, yaitu pada bulan Maret dan September. Jurnal AL-IBDA menjadi sarana bagi peneliti, akademisi, dan praktisi yang tertarik dengan kajian pendidikan dan pembelajaran dasar, dan berkeinginan untuk menyalurkan pemikiran dan temuannya, terutama yang berkaitan dengan kajian dalam bidang studi sekolah dasar atau madrasah ibtidaiyah. Artikel yang dimuat adalah hasil penelitian, telaah ilmiah dan kritis serta komprehensif atas isu penting dan terkini yang tercakup dalam pembidangan jurnal.Fokus dan skopnya meliputi beberapa bidang kajian yang berhubungan dengan pendidikan dasar yaitu: IPA, IPS, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Bahasa Arab, Matematika, dan Pendidikan Jasmani.
Current Issue
Vol. 3 No. 01 (2023): Vol 3 No 01 Tahun 2023, JPGMI Al Ibda'
Pada edisi kali ini, kami memaparkan enam naskah artikel yang mampu menjadi referensi ilmiah bagi para pembaca. Naskah pertama membahas tentang upaya meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika melalui penerapan metode kontekstual. Kemudian pada artikel kedua membahas tentang penggunaan metode bermain peran dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa.
Pada artikel selanjutnya membahas tentang pendidikan karakter untuk siswa sekolah dasar dalam menghadapi era globalisasi. Kemudian Topik lain yang tersaji pada edisi ini adalah Strategi Guru Bimbingan dan Konseling atau BK Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa. Topik lain yang tersaji pada edisi ini penerapan metode pembelajaran problem solving dalam menigkatak hasil belajar siswa. Pada artikel yang terakhir membahas tentang kemampuan mengenal huruf melalui permainan kartu huruf.
Published: March-2023