METODE QIROAH DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MTS (YPPTQ MH) AMBARAWA Indonesia

Main Article Content

Nurul Ikrom
Moh. Masrur

Abstract

Abstrak
Keterampilan membaca adalah kemampuan mengenali dan memahami isi sesuatu yang tertulis dengan
melafalkan atau mencernanya didalam hati.Berdasarkan observasi awal di MTS YPPTQ MH yang dilakukan
peneliti masih banyak siswa yang belum bisa membaca Arab dan belum lancar membaca Arab. Oleh karena itu,
peneliti menawarkan metode qiroah untuk mengatasi masalah tersebut disekolah.Teknik pengumpulan data
menggunakan tes dan non-tes. Instrumen tes yang digunakan adalah angket, wawancara, dokumentasi dan
observasi.Besarnya nilai rata-rata post-test kelas eksperimen keterampilan membaca Arab adalah 89,20 dan
82,06 dari nilai ratarata pre-test yang sebelumnya adalah 68,86 dan 67,58. Sedangkan besarnya nilai rata-rata
post-test kelas kontrol keterampilan membaca Arab adalah 80,51 dan 74,48 dari nilai rata-rata pre-test yang
sebelumnya adalah 67,41 dan 66,72.
Abstrack
Reading skills are the ability to recognize and understand the contents of something written by reciting
or digesting it in the heart. Based on initial observations at MTS YPPTQ MH conducted by researchers there are
still many students who cannot read Arabic and cannot read Arabic fluently. Therefore, researchers offer qiroah
methods to overcome these problems at school. Data collection techniques use tests and non-tests. The test
instruments used were questionnaires, interviews, documentation and observations. The average value of the
post-test grade experimental Arabic reading skills was 89.20 and 82.06 from the pre-test average scores which
were previously 68.86 and 67.58 . While the average post-test scores of the Arabic reading skills control class
were 80.51 and 74.48 from the previous pre-test mean scores of 67.41 and 66.72.

Article Details

Section
Articles