EFEKTIVITAS METODE CERITA BERGAMBAR DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA SISWA KELAS 2 DI SD NEGRI SUMBER BANDUNG indonesia

Main Article Content

Okta Nur Vadilah
Moh. Masrur

Abstract

Abstract
Student’s reading interest Elementary school, especially grade 2 SD Sumber Bandung, is still low because they
prefer to play online games, watch television, etc. This factor causes their reading ability is still lacking. In
addition, there are reading books (both story books and textbooks) in school institutions that are still monotonous
without pictures so that children get bored easily and are not interested in reading them. This study purposed to
see how effectiveness of pictural story book in increasing reading inters of grade 2 students at SD Sumber
Bandung. The method has been use in this research is an experimental research method with one group pre test –
post test design. Based on the above phenomena, the students' interest in reading in grade 2 SD Sumber
Bandung should be increased by the teacher, because "books are a storehouse of knowledge and reading can
open up world horizons". The use of learning media to foster children's interest in reading is by using picture story
books. This picture book is more developed if the teacher dares to be creative by making colorful pictures
accompanied by simple sentences that can attract children to read them. This picture story book is effectively
used in the second grade students of SD Sumber Bandung because it includes games and education. In the picture
story book there are several learning activities including observing, telling, reading and sorting the pictures
so that they become a complete story. Furthermore, the teacher can add / collaborate on strategies or methods
that can support the use of other picture story books to be more innovative in each lesson. The result of this
research is that picture story books are very effective in increasing reading interest of student Grade 2 SD sumber
bandung
Keywords : Story book; interest in reading, SD Sumber Bandung ;
Abstrak
Minat baca siswa anak SD terutama kelas 2 SD Sumber bandung masih tergolong masih rendah karena
mereka lebih menyukai bermain game online, menonton televisi dan lain-lain Faktor inilah yang
menyebabkan kemampuan membaca mereka masih kurang. Selain itu adanya buku membaca ( baik buku
cerita maupun buku pelajaran) di lembaga sekolah yang masih monoton dengan tanpa gambar sehingga anak
mudah bosan dan tidak tertarik untuk membacanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas
metode cerita bergambar dalam meningkatkan minat baca siswa kelas 2 SD sumber bandung. Metode yang
digunakan dalam penelitian ini adalah metode one grup pre test – post test design Berdasarkan fenomena diatas,
maka minat baca Siswa kelas 2 SD Sumber Bandung harus ditingkatkan oleh guru, karena “buku adalah gudang
ilmu dan membaca dapat membuka cakrawala dunia”. Penggunaan media pembelajaran untuk menumbuhkan
minat baca anak yaitu dengan buku cerita bergambar. Buku cerita bergambar ini lebih berkembang apabila
guru berani berkreasi dengan membuat gambar-gambar berwarna dilengkapi dengan kalimat sederhana
yang dapat menarik minat anak untuk membacanya. Buku cerita bergambar ini efektif digunakan dalam
pembelajaran Siswa kelas 2 SD Sumber Bandung karena di dalamnya terdapat permainan dan juga edukasi.
Dalam buku cerita bergambar terdapat beberapa aktivitas pembelajaran diantaranya mengamati,
menceritakan,membaca dan mengurutkan gambar sehingga menjadi cerita yang utuh. Selanjutnya guru
dapat menambahkan/mengkolaborasikan strategi ataupun metode yang dapat mendukung dalam
penggunaan buku cerita bergambar yang lain agar lebih berinovasi pada setiap pembelajarannya. Hasil dari
penelitian ini adalah buku cerita bergambar sangat efektif untuk meningkatkan minat baca siswa kelas 2 SD
sumber bandung
Kata kunci; Buku Cerita bergambar; minat baca, SD sumber bandung;

Article Details

Section
Articles