PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR DALAM MENINGKATKAN PENGUASAANMUFRODAT DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA Indonesia

Main Article Content

Sahrul Amin
Eri Purwanti

Abstract

Abstrak
Penelitian ini dilatar belakangi oleh temuan peneliti tentang penggunaan media gambar dalam meningkatkan
penguasaan mufrodat bahasa arab. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyajikan sebuah alternatif
pembelajaran mufrodat bahasa arab melalui penggunaan media gambar yang diharapkan bisa menarik minat dan
meningkatkan motivasi belajar siswa, serta untuk mengetahui pengaruh penggunaan media gambar dalam
meningkatkan penguasaan mufrodat dan motivasi belajar siswa. Metode yang digunakan penelitian ini
menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK).Dengan menggunakan
karakteristik kolaboratif partisitoris yang diperlukan hadirnya kerjasama antara peneliti dan guru mata pelajaran
bahasa arab, peneliti tetap sebagai pelaku utama dalam tindakan kelas tersebut yang bertujuan untuk
memecahkan masalah yang dihadapi siswa dalam proses belajar. Dalam penelitian ini di MA Matlaul Anwar
Napal Jl. P. Nebak.Metode pengumpulandata menggunakan metode wawancara, observasi, soal dan
dokumentasi.Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XA MA Matlaul Anwar yang berjumlah 32 orang siswa.
Teknik pengambilan sampel dengan teknik cluster random sampling. Hasil penelitian ini adalah penggunaan
media gambar dalam meningkatkan penguasaan mufrodat dan motivasi belajar siswa di MA Matlaul
Anwar,metode penggunaan media gambar dalam penguasaan mufrodat dengan cara membagikan lembaran
macam gambar yang berupa kata kerja sehari hari dengan bahasa arab sesuai gambar yang telah ditentukan
peneliti, dan mendapat hasil yang baik hal ini dapat di lihat denganpengetesanmufrodat hampir bisa siswa (15
%). Selain itu hasil juga di lihat dari penggunaan media gambar untuk motivasi belajar.motivasi belajar siswa
semakin meningkat hal ini di buktikan dengan siswa sangat antusias terhadap materi yang di ajarkan.
Kata Kunci: Media Gambar, Mufrodat Bahasa Arab, Motivasi belajar.
Abstract
This research is backed by the findings of researchers about the use of media images in improving the mastery
of Arabic mufrodat. The purpose of this research is to present an alternative to Mufrodat Arabic language
learning through the use of image media that is expected to attract interest and improve student motivation, as
well as to know the influence of use Image media in improving mufrodat mastery and learning motivation for
students. The method used by this research uses a qualitative approach with the type of class action research
(PTK). By using the participatory participation characteristics that the presence of cooperation between
researchers and teachers of Arabic language subjects, researchers remained the primary perpetrators of the
class's actions aimed at solving the problems Students in the learning process. In this study in MA Matlaul
Anwar Napal Jl. P. Nebak. Methods of collecting data using interview methods, observations, questions and
documentation. The subject of this study is XA MA Matlaul Anwar's class student amounting to 32 students.
Sampling techniques with random sampling cluster techniques. The result of this research is the use of image
media in improving mufrodat mastery and learning motivation of students at MA Matlaul Anwar, method of
using image media in Mufrodat mastery by distributing sheets of images in the form of words Day work in
Arabic as per the picture that has been determined by researchers, and got good results this can be seen with the
mufrodat testing can almost be students (15%). In addition results are also seen from the use of image media for
motivational learning. The motivation to learn the students is increasing this in the prove with the students very
enthusiastic about the material taught.
Keywords: Image Media, Mufrodat Arabic language, motivation learning

Article Details

Section
Articles