PENGARUH PROFESIONALISME GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI MI MA’ARIF SUKOHARJO III Indonesia

Main Article Content

Siti Rohayani
Eri Purwanti

Abstract

Abstrak
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan variabel X1 adalah profesionalisme guru Y
adalah prestasi belajar. Populasi dalam penelitian yang berjumlah 115 siswa dan sampel dalam penelitian
kelas 5 yang berjumlah 18 siswa pada semester ganjil tahun pelajaran 2019/2020. Data diambil dengan
menggunakan metode dokumentasi dan angket. Validitas instrumen angket dilakukan dengan analisis butir
menggunakan rumus korelasi Product Moment dan uji reliabilitas menggunakan rumus Cronbach Alpha.
Pengujian analisis regresi sederhana, yang sebelumnya dilakukan uji validitas, Uji realibilitas, uji
normalitas, Uji homogonitas,Uji regresi linier sederhana dan uji f . Hasil penelitian menunjukkan bahwa :
Ada pengaruh positif dan signifikan antara profesionalisme guru mata pelajaran produktif terhadap prestasi
belajar siswa MI Maarif Sukoharjo III, dibuktikan dengan koefisien korelasi r hitung > r tabel
(0,131>0,017) dengan sumbangan efektif 7,1% dan Y = 3702,547 + 3,484 X1 (2) Ada pengaruh positif
yang tidak signifikan antara profesionalisme guru terhadap prestasi belajar siswa di MI Maarif Sukoharjo
II sebesar 20,5%. Sedangkan sisanya 100% - 20,5% = 79,5% dijelaskan oleh variabel lain diluar penelitian
ini.
Kata Kunci: profesionalisme guru, prestasi belajar siswa
Abstract
This research is a descriptive study with variable X1 is the professionalism of teacher Y is learning
achievement. The population in the study amounted to 115 students and the sample in the 5th grade study
amounted to 18 students in the odd semester of the 2019/2020 school year. Data retrieved using documentation
and questionnaire methods. The validity of the questionnaire instrument was done by item analysis using the
Product Moment correlation formula and the reliability test using the Cronbach Alpha formula. Simple
regression analysis testing, which was previously carried out the validity test, reliability test, normality test,
homogonic test, simple linear regression test and f test. The results showed that: There was a positive and
significant influence between the professionalism of productive subject teachers on the learning achievement of
MI Maarif Sukoharjo III students, evidenced by the correlation coefficient r count> r table (0.131> 0.017) with
an effective contribution of 7.1% and Y = 3702 , 547 + 3,484 X1 (2) There is an insignificant positive effect
between teacher professionalism on student achievement in MI Maarif Sukoharjo II by 20.5%. While the
remaining 100% - 20.5% = 79.5% is explained by other variables outside this study.
Keywords: teacher professionalism, student learning achievement

Article Details

Section
Articles