PENERAPAN METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS IV DI SDN 2 KARANG SARI PAGELARAN Indonesia

Main Article Content

Putri Pujianti
feri wahyudi

Abstract

Abstrak
Kurangnya minat belajar siswa dalam pembelajaran membuat penulis mencoba menggunakan metode
eksperimen sebagai acuan mengajar didalam kelas. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan hasil belajar
siswa melalui penerapan metode eksperimen pada siswa kelas IV SDN 2 Karang Sari Pagelaran. Jenis penelitian
ini adalah penelitian tindakan kelasyang dilaksanakan secara bersiklus. Selama kegiatan belajar mengajar, siswa
telah melaksanakan aktifitas dengan baik seperti memperhatikan penjelasan guru, teman kelompok, siswa
membaca LKS, bekerja dengan menggunakan alat peraga secara bersama-sama mencatat yang relevan dengan
pembelajaran. Dalam hal ini aktifitas guru juga telah dilaksanakan dengan baik, seperti memberikan materi
dengan menggunakan alat peraga, melibatkan siswa secara langsung dalam pembelajaran, mengamati kegitan
siswa, memberi bimbingan, motifasi dan mengajukan pertanyaan.Tingkat pencapaian pembelajaran dengan
penerapan metodeeksperimen mengalami penigkatan. Hal ini dapat dilihat dari keaktifan belajar siswa kelas IV
SDN 2 Karang Sari Pagelaran pada setiap pembelajaran tersebut dari siklus I dan siklus II, menunjukan
keaktifan siswa di kelas yang cukup meningkat. Dengan demikian penerapan pembelajaran dengan penerapan
metodeeksperimen dapat meningkatkan minat belajar siswa kelas IV SDN 2 Karang Sari Pagelaran.
Kata Kunci: Minat Belajar, Metode Eksperimen.
Abstrac
Lack of student interest in learning makes the writer try to use the experimental method as a reference for
teaching in the classroom. This study aims to improve student learning outcomes through the application of
experimental methods to class IV SDN 2 Karang Sari Pagelaran students. This type of research is a social action
research conducted in cycles. During teaching and learning activities, students have carried out activities well
such as paying attention to the teacher's explanations, groupmates, students reading worksheets, working by
using teaching aids together taking notes that are relevant to learning. In this case the teacher's activities have
also been carried out well, such as providing material using teaching aids, directly involving students in
learning, observing student activity, giving guidance, motivating and asking questions. The level of learning
achievement by applying experimental methods has increased. This can be seen from the learning activeness of
class IV SDN 2 Karang Sari Pagelaran students in each of the learning cycles of the first cycle and second cycle,
showing the increased activity of students in the class. Thus the application of learning by applying
experimental methods can increase the interest in learning of fourth grade students of SDN 2 Karang Sari
Pagelaran
Key word: Interest in Learning, Experimental Method

Article Details

Section
Articles