ANALYSIS OF LEARNING MAHAROTUL ISTIMA' IN SMP QURAN DARUL IKHLAS PRINGSEWU Indonesia
Main Article Content
Abstract
Pembelajaran maharotul istima’ di SMP Quran Darul Ikhlas Pringsewu memiliki peranan prnting dalam mempelajari bahasa arab, karena termasuk progam unggulan dalam menciptakan pemahaman dan motivasi siswa ketika belajar bahasa arab, namun latar belakang pemahan siswa dalam pembelajarannya berbeda-beda sehingga belum maksimal dalam pembelajarannya, namun sudah sesuai dengan metode yang digunakannya yaitu, Metode Sam’iyah Syafawiyah, penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif yang dalam pengumpulan datanya menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi, dalam proses pembelajaran maharah istima’ di SMP Quran darul Ikhlas Pringsewu, siswa mengikuti dan menirukan apa yang disampaikan oleh seorang guru baik perkataan dan percakapan dalam bahasa arab sehingga siswa mampu memahami dan berbicara menggunakan bahasa arab melalaui pengulangan dan pembiasaan menggunakan metode Sam’iyah Syafawiyah, dan sudah disimpulkan hasilnya bahwa penerapan penerapan langkah pembelajarannya sudah sesuai dengan baik namun harus dimaksimalkan kembali dan dikembangkan lagi metodenya supaya tidak monoton sesuai keadaan di lapangan agar tercapai secara menyeluruh dan maksimal dalam penerapan pembelajarannya.