PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARANMATEMATIKA KELAS X MM SMK N I MERBAU Indonesia

Main Article Content

Ponidi
Marilin Kristina
Noca Yolanda Sari

Abstract

ABSTRAK


 


Penelitian tindakan kelas ini dilakukan karena rendahnya hasil  belajar siswa kelas X MM SMK N I Merbau pada mata pelajara Matematika. Berdasarkan kenyataan bahwa rendahnya hasil belajar siswa maka penulis mengadakan penelitian tindakan kelas dengan maksud untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini dilakukan bersama teman sejawat dengan  menggunakan model belajar discovery learning dalam pembelajaran yang dilaksanakan pada siklus I, siklus II, untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X MM SMK N I Merbau.


 


Rencana perbaikan pembelajaran melalui penelitian ini ternyata dengan menggunakan model belajar coopertive learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Dari hasil evaluasi dapat terlihat kenaikan prosentase hasil belajar siswa yang dapat mencapai KKM dengan perolehan hasil prosentase pada prasiklus 53%, siklus I 69%, dan pada siklus II meningkat menjadi89% . Dengan demikian penulis merasa perlu untuk menguasai dan menggunakan berbagai model belajar dalam setiap kegiatan belajar di Sekolah.


 


Kata kunci: Discovery Learning, Hasil Belajar dan Pendidikan Matematika


 


ABSTRACT


 


This class action research was carried out because of the low student learning outcomes of the X MM class of SMK N I Merbau in Mathematics subjects. Based on the fact that the low student learning outcomes, the authors conducted a class action research with a view to improving student learning outcomes. This research was conducted with colleagues using the discovery learning model in learning which was carried out in cycle I, cycle II, to improve student learning outcomes in 10 MM grade students of SMK N 1 Merbau Mataram. 


 


The plan to improve learning through this research turned out to be using cooperative learning models to improve student learning outcomes. From the results of the evaluation can be seen an increase in the percentage of student learning outcomes that can achieve KKM with the acquisition of the percentage results in prasiklus 53%, 69% in the first cycle, and in the second cycle increased to 89%. Thus the authors feel the need to master and use various learning models in every learning activity in the School.


 


Keywords: Discovery Learning, Learning Outcomea and Mathematics Educatioan

Article Details

Section
Articles

References

Alma, dkk. (2010). Pembelajaran Kooperatif. Jakarta: Dirjen.

Budiningsih. (2006). Blogspot Discovery Learning. Diunduh 20 April 2019 darihttp://Akhmadsudrajat.wordpress.com/2008/01/12/Discovery Learning

Depdikbud, 2014. Kurikulum KTSP Standar Kopetensi Mata Pelajaran Matematika Untuk SD/MI, Jakarta.

Djamarah. (2004). Proses Pembelajaran Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.Jakarta: Rineka Cipta.

Irawan Soehartono. (2008). Metode penelitian sosial. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Kemendikbud. (2013). Kurikulum Standar Kopetensi Mata Pelajaran Matematika Untuk SD/MI, Jakarta.