STRATEGI PENINGKATAN KOMPETENSI PEDAGOGIK PENDIDIK DALAM PENYUSUNAN RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN Indonesia

Main Article Content

Ari Prayoga
Dian
Ahmad Masrul Anwar

Abstract

Abstrak: Pendidik belum pernah mengikuti pelatihan penyusunan RPP sehingga mereka hanya copy paste pada temannya, padahal seringkali RPP hasil copy paste tidak relevan dengan situasi dan kondisi di madrasahnya sehingga RPP yang ada tidak bisa dijadikan acuan dalam proses pembelajaran. Tujuan utama dari penelitian tindakan madrasah ini adalah untuk membantu meningkatkan kompetensi pedagogik guru guru di MAS Darussalam Sumedang, yang belum memiliki sertifikat pendidik secara formal, dalam menyusun rencana pembelajaran yang sesuai dengan standar kompetensi masing- masing pelajaran. Metode penelitian yang digunakan kualitatif dengan pendekatan penelitian tindakan yang dilakukan dalam tiga tahapan, yaitu persiapan, pelaksanaan dan evaluasi dan refleksi, dan dilakukan minimal dalam dua siklus. Hasil penelitian menunjukan; Pertama, pada komponen Perumusan indikator tujuan pembelajaran, terlihat peningkatan dari 40 % pada kemampuan awal, menjadi 60% pada siklus 1 dan meningkat menjadi 70% pada akhir kegiatan. Kedua, pada Komponen Penentuan bahan dan materi pembelajaran, terdapat peningkatan kemampuan dari 65% menjadi 70% setelah siklus 1 dan lebih menguat menjadi 80%. Ketiga, dalam Komponen Pemilihan Strategi dan metoda pembelajaran, yang didalamnya memuat langkah-langkah pembelajaran dan penentuan alokasi waktu yang digunakan,terlihat adanya peningkatan yang signifikan dari yang semula hanya 40% menjadi 60% pada siklus 1 dan meningkat lagi menjadi 75% setelah siklus 2. Keempat, meskipun tidak terlihat adanya peningkatan yang cukup tajam, dalam komponen pemilihan Media dan alat pembelajaran juga terdapat adanya peningkatan dari 60% pada awal kegiatan dan setelah siklus 1, menjadi 80% setelah siklus 2. Kelima, peningkatan yang cukup signifikan juga dapat kita lihat pada komponen perencanaan evaluasi pembelajaran. Dari yang semula hanya 40% pada awal kegiatan, menjadi 60% pada akhir siklus 1 dan berhasil mencapai 70% pada akhir siklus 2.

Kata Kunci: Kompetensi pedagodik, supervisi akademik, perencanaan pembelajaran.

Abstract: The teacher has never attended a lesson plan preparation so they only copy paste it on their friends, whereas often the copy of the lesson plan is not relevant to the situation and conditions in their madrasas so that the lesson plan cannot be used as a reference in the learning process. The main objective of this madrasa action research is to help improve the pedagogical competence of teachers in MAS Darussalam Sumedang, who do not yet have a formal teacher certificate, in preparing learning plans that are in accordance with the competency standards of each lesson. The research method used is qualitative with an action research approach which is carried out in three stages, namely preparation, implementation and evaluation and reflection, and is carried out in at least two cycles. The research results show; First, in the components of the formulation of learning objectives indicators, seen an increase from 40% in the initial ability, to 60% in cycle 1 and increased to 70% at the end of the activity. Second, in the Determination Component of learning materials and materials, there was an increase in ability from 65% to 70% after cycle 1 and more strengthened to 80%. Third, in the Component Selection Strategy and learning method, which includes learning steps and determining the allocation of time used, seen a significant increase from the original only 40% to 60% in cycle 1 and increased again to 75% after cycle 2 Fourth, although there was no significant increase in the selection of media and learning tools there was also an increase from 60% at the beginning of the activity and after cycle 1, to 80% after cycle 2. Fifth, a significant increase can also be seen. look at the learning evaluation planning component. From the original only 40% at the beginning of the activity, to 60% at the end of cycle 1 and managed to reach 70% at the end of cycle 2.

Keywords: Pedagodic competence, academic supervision, learning planning.

Article Details

Section
Articles

References

Arikunto, S., 2002. Penelitian Tindakan Kelas Makalah pada Pendidikan dan Pelatihan (TOT) Pengembangan Profesi bagi Jabatan Fungsionla Guru. Ke I penyunt. Semarang: Balai penataran Guru (BPG). Arikunto, S., Suhardjono & Supardi, 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan RI., 1982. Alat Penilaian Kemampuan Guru: Buku I. Ke I penyunt. Jakarta: Proyek Pengembangan. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan RI., 1982. Panduan Umum Alat Penilaian Kemampuan Guru. Ke I penyunt. Jakarta: Proyek Pengembangan Pendidikan Guru. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan RI, 1982. Alat Penilaian Kemampuan Guru: Hubungan antar Pribadi. Buku III penyunt. Jakarta: Proyek Pengembangan Pendidikan Guru. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan RI, 1986. Alat Penilaian Kemampuan Guru: Prosedur Mengajar. Buku II penyunt. Jakarta: Proyek Pengembangan Pendidikan Guru. Dian, A. P., 2019. Supervisi Akademik Kepala Madrasah di Madrasah Aliyah Darussalam Sumedang. Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual, IV(04), pp. 548-558. Hayati, N. R., 2019. Wawancara Kepala Madrasah Aliyah Darussalam Sumedang [Wawancara] (12 Oktober 2019). Komarudin, D., 2018. Dokumen 1 MAS Darussalam Sumedang, Sumedang: MAS Darussalam. Nurdiana, M. & Prayoga, A., 2018. Fungsi-fungsi Manajemen dalam Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka di Madrasah. Madrasa: Journal of Islamic Educational, Desember.pp. 9-15. Paramudita, A. & Ridwan, I., 2019. Teknik Supervisi Akademik di Sekolah Islam. Madrasa: Journal of Islamic Educational Management, I(2), pp. 1-6.

Awal Siklus 1 Siklus 2

Prayoga, A. et al., 2019. Implementasi Penjaminan Mutu Madrasah. Murobbi: Jurnal Ilmu Pendidikan, III(1), pp. 70-84. Sahmudin & Prayoga, A., 2019. Meningkatkan Kompetensi Pedagodik Pendidik dalam Pembelajaran melalui Supervisi Akademik. Al-Mau'izhoh, I(2), pp. 12-22. Sajidah, L., 2018. Fungsi-fungsi Manajemen dalam Pengelolaan Kurikulum. Madrasa: Journal of Islamic Educational Management, I(1), pp. 16-22. Suhardjono, 2009. Tanya jawab tentang PTK dan PTS,. Jakarta: naskah buku. Suhardjono, Azis, A. & Hoesein, 1995. Pedoman penyusunan KTI di Bidang Pendidikan dan Angka Kredit Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Diknas. Supardi, 2005. Penyusunan Usulan, dan Laporan Penelitian Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Ditektorat Tenaga Pendidik dan Kependidikan Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah Departemen Pendidikan Nasional