PERANAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBINA AKHLAK PESERTA DIDIK Indonesia

Main Article Content

Nurlela
Eri Purwanti

Abstract

Abstract: This research examines the role of teachers of Islamic education in fostering morals learners in vocational Teknika Graphic Kartika Gadingrejo Gadingrejo District of the Academic Year 2017/2018. The data is processed through three stages: data reduction, data display, and verification of data and the conclusions drawn and analyzed qualitatively. Used an interdisciplinary approach, namely the theological-normative approach, educational approach, psychological approach, and sociological approach. The result shows that there are four roles that teachers as teachers, teacher educators, teachers as mentors and teachers as coaches conducted by PAI teacher in SMK Teknika Graphic Kartika Gadingrejo directed to fostering the morals of students, namely to instill and awaken religious beliefs, teach proper etiquette in the family environment.
Keywords: Islamic Education Teacher, Fostering, Morals.


Abstrak: Penelitian ini mengkaji peranan guru Pendidikan Agama Islam dalam membina akhlak peserta didik di SMK Teknika Grafika Kartika Gadingrejo Kecamatan Gadingrejo Tahun Pelajaran 2017/2018. Data diolah melalui tiga tahap yaitu reduksi data, display data, dan verifikasi data, lalu ditarik kesimpulan dan dianalisis secara kualitatif. Digunakan pendekatan interdisipliner, yaitu pendekatan teologis-normatif, pendekatan paedagogis, pendekatan psikologis, dan pendekatan sosiologis. Hasilnya menunjukkan terdapat 4 peranan yaitu guru sebagai pengajar, guru sebagai pendidik, guru sebagai pembimbing, dan guru sebagai pelatih yang dilakukan oleh guru PAI di SMK Teknika Grafika Kartika Gadingrejo yang mengarah pada upaya pembinaan akhlak peserta didik, yaitu menanamkan dan membangkitkan keyakinan beragama, menanamkan etika pergaulan baik dalam lingkungan keluarga, lingkungan masyarakat, dan lingkungan sekolah serta menanamkan kebiasan yang baik berupa kedisiplinan, tanggung jawab, melakukan hubungan sosial dan melakukan ibadah ritual..

Kata kunci: Guru Pendidikan Agama Islam, Membina, Akhlak.

Article Details

Section
Articles

References

M. Jannah, “PERANAN GURU DALAM PEMBINAAN AKHLAK MULIA PESERTA DIDIK (STUDI KASUS DI MIS DARUL ULUM, MADIN SULAMUL ULUM DAN TPA AZ-ZAHRA DESA PAPUYUAN),” Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah. Sekolah Tinggi Ilmu Qur an Amuntai, p. 137, 2019. [2] N. I. Sukoco and N. Nurdin, “Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembinaan Akhlak Di SMP Unismuh Makassar,” Equilibrium: Jurnal Pendidikan, vol. 6, no. 2.

VOLUME 6 No. 1 (Januari 2020) Halaman 8-15

Publikasi Jurnal Ilmiah Akademik Universitas Muhammadiyah Makassar, pp. 112–118, 2018. [3] H. Riofita, “BENTUK PERANAN GURU DALAM MEMBERIKAN PENDIDIKAN KEPEMIMPINAN,” POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam, vol. 2, no. 1. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, p. 85, 2016. [4] K. A. Jasmi, A. H. Tamuri, and M. I. M. Hamzah, “Sifat dan Peranan Keperibadian Guru Cemerlang Pendidikan Islam (GCPI) dan Hubungannya Dengan Motivasi Pelajar,” Jurnal Teknologi, vol. 51, no. 1. Penerbit UTM Press, 2009. [5] J. H. McMillan, Fundamentals of educational research. Pearson, 2015. [6] S. Arikunto, “Prosedur penelitian.” Jakarta: rineka cipta, 2010. [7] A. Zulianingsih, “STRATEGI DAN PENDEKATAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBINAAN KEBERAGAMAAN REMAJA,” TA’DIBUNA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, vol. 2, no. 1. Universitas Islam Sultan Agung, p. 71, 2019. [8] Z. Zulpadli, “Perkembangan TIK, Globalisasi dan Peranan Guru Pendidikan Kewarganegaraan dalam Pengembangan Pendidikan Karakter,” Prosiding Seminar Nasional Pendidikan KALUNI, vol. 1. Universitas Indraprasta PGRI, 2018. [9] F. D. Mukti, “INTEGRASI LITERASI SAINS DAN NILAINILAI AKHLAK DI ERA GLOBALISASI,” Abdau: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, vol. 1, no. 1. Sekolah Tinggi Pendidikan Islam (STPI) Bina Insan Mulia Yogyakarta, pp. 318–338, 2018. [10] Z. Zainuddin, “Pengembangan Buku Ajar Akidah Akhlak untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Madrasah,” Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, vol. 3, no. 2. LP2M Universitas Ibrahimy, pp. 362–375, 2019. [11] S. S. Is, “PERANAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBIASAKAN SISWA SHALAT BERJAMA’AH,” TARBAWI : Jurnal Pendidikan Agama Islam, vol. 2, no. 1. Publikasi Jurnal Ilmiah Akademik Universitas Muhammadiyah Makassar, pp. 33– 42, 2017. [12] repositori P. A. I. S. P. Pasuruan, “PERANAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA YANG BERAKHLAKUL KARIMAH DI SDN JATIREJO I LEKOK.” Center for Open Science, 2019.