PENERAPAN KETERAMPILAN MANAJEMEN KELAS DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MI MASYARIKUL ANWAR 4 BANDAR LAMPUNG Indonesia

Main Article Content

Nurul Hidayah

Abstract

Abstract

Class management refers to activities that create and maintain optimal conditions for the occurrence of the teaching-learning process that requires the effectiveness of learning, this is because it can affect the learning achievement of students to be achieved by the students themselves. Thus class management has an important role in increasing the learning effectiveness of students that is trying as much as possible so that students have a high learning motivation for all teaching. Classroom management has an important role in increasing the learning effectiveness of students and school facilities which is trying as much as possible so that students have a high learning motivation for all teaching and effort to meet the needs of students well. The method used is a description of the analysis with a qualitative approach. This study aims to determine the Application of Class Management Skills in Learning Islamic Education in MI Masyarikul Anwar 4 Bandar Lampung. It can be concluded that the results of the application of classroom management skills in PAI learning at MI Masyarikul Anwar 4 Bandar Lampung that the skills in managing the class have been implemented well but need to be improved in the regulation of students because there are still some indicators that have not been implemented in accordance with school goals.



Abstrak

Manajemen kelas merujuk kepada kegiatan-kegiatan yang menciptakan dan mempertahankan kondisi yang optimal bagi terjadinya proses belajar-mengajar dibutuhkan adanya efektivitas pembelajaran, hal ini dikarenakan dapat mempengaruhi prestasi belajar peserta didik yang akan dicapai oleh peserta didik itu sendiri. Dengan demikian manajemen kelas memiliki peranan penting dalam meningkatkan efektivitas belajar peserta didik yaitu berusaha semaksimal mungkin agar peserta didik memiliki motivasi belajar yang tinggi terhadap semua pengajaran. Pengelolaan kelas memiliki peranan penting dalam meningkatkan efektifitas belajar peserta didik dan fasilitas sekolah yaitu berusaha semaksimal mungkin agar peserta didik memiliki motivasi belajar yang tinggi terhadap semua pengajaran dan usaha untuk memenuhi kebutuhan peserta didik dengan baik. Metode yang digunakan yaitu Deskripsi Analisis dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Penerapan Keterampilan Manajemen Kelas Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di MI Masyarikul Anwar 4 Bandar Lampung. Dapat disimpulkan hasil penelitian penerapan keterampilan manajemen kelas dalam pembelajaran PAI di MI Masyarikul Anwar 4 Bandar Lampung bahwa keterampilan dalam memanajemen kelas sudah terlaksana dengan baik tetapi perlu ditingkatkan lagi pada pengaturan peserta didiknya karena masih terdapat beberapa indikator yang belum berjalan sesuai dengan tujuan sekolah.
Kata kunci: Manajemen Kelas, Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam.

Article Details

Section
Articles

References

Asmadawati, “KeterampilanMengelolaKelas”, Journa lLogaritma, Vol. 02 No. 02 Juli 2014.

Bahri Djamarah, Syaiful dan Aswan Zain, Strategi Belajar Mengajar,Jakarta : Rineka Cipta,2014.

E.Mulyasa. Menjadi Guru Profesional:Menciptakan Pembelajaran Kreatif danMenyenangkan,Bandung:PTRemajaRosdaka rya,2013.

Husni El Hilali, “Pentingnya Pengelolaan Kelas dalam Pembelajaran”, Journal PendidikanBiologi, Vol. 03 No. 01 Juli 2013.

J. Moleong, Lexy, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakara,2013. Ramayulis, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: KalamMulia, 2015.

Fatimah Kadir, “KeterampilanMengelolaKelasdanImplementasi nyadalam Proses Pembelajaran”, Journal AlTa‘dib, Vol. 07 No. 02 Juli 2014.

Sunhaji, “KonsepManajemenKelasdanImplikasinyadala mPembelajaran”.Journal Kependidikan, Vol. 02 No. 02 November 2014.

Suryabrata,Sumadi,Psikologi Pendidikan,Jakarta:RajaGrafindoPersada, 2013.

Thoifuri,MenjadiGuruInisiator,Semarang:Rasai l,2013.

Tim Dosen Administrasi Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia, Manajemen Pendidikan,Bandung: Alfabeta,2013.

Tohirin, Psikologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Jakarta: PT Raja GrafindoPersada, 2014.

Uzer Usman, Moh, Menjadi Guru Profesional, Bandung: PT Remaja Rosda Karya, 2016.