Penerapan Pembelajaran Model Kooperatif Tipe TAI (Team Assisted Individualization) untuk Meningkatkan Kreativitas dan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas X MIPA Indonesia

Main Article Content

M. Farid Nasrulloh

Abstract

Abstract This study aims to improve creativity and student achievement in learning mathematics in class X MIPA MA Bahrul Ulum Jombang. In general, this study seeks to increase creativity and student achievement by using a cooperative type TAI (Team Assisted Individualization) model. This type of research is Class Action Research (CAR). The subjects of this research were 32 students of class X MIPA MA Bahrul Ulum. The object of this research is the implementation of mathematics learning using a cooperative type TAI (Team Assisted Individualization) model. This Classroom Action Research was conducted in 2 cycles, each of which consisted of 2 meetings. Data obtained from observation sheets, field notes, student creativity questionnaires, results of student and teacher interviews, cycle tests, and documentation. The results of the study showed that using a cooperative model type TAI (Team Assisted Individualization). Can improve creativity and student achievement. Student creativity seen from all indicators of creativity has increased. In the first cycle of 58%, the second cycle was 80%. Creativity can be seen from the ability to produce a lot of ideas, the ability to express various kinds of solutions to problems, the ability to find answers, tend to give more answers, respond to questions asked, have many questions, and be able to describe things in detail. Mathematics learning achievement of students experienced an increase seen from the average cycle test score in class X MIPA MA Bahrul Ulum, from 62.74 to 79.84. Student learning achievement can be achieved from the changes in actions taken by changing previous learning.

Keywords: TAI, Creativity, Learning Achievement

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas dan prestasi belajar siswa pada pembelajaran matematika kelas X MIPA MA Bahrul Ulum Jombang. Secara umum penelitian ini mengupayakan peningkatan kreativitas dan prestasi belajar siswa dengan menggunakan model kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA MA Bahrul Ulum yang berjumlah 32 orang. Objek penelitian ini adalah pelaksanaan pembelajaran matematika dengan menggunakan model kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization). Penelitian Tindakan Kelas ini terlaksana dalam 2 siklus yang masing-masing siklus terdiri dari 2 pertemuan. Data diperoleh dari lembar observasi, catatan lapangan, angket kreativitas siswa, hasil wawancara siswa dan guru, tes siklus, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan model kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization).dapat meningkatkan kreativitas dan prestasi belajar siswa. Kreativitas siswa yang dilihat dari semua indikator kreativitas mengalami peningkatan. Pada siklus I sebesar 58%, pada siklus II sebesar 80%. Kreativitas dapat dilihat dari kemampuan menghasikan banyak gagasan, kemampuan mengemukakan barmacam-macam pemecahan terhadap masalah, kemampuan menemukan jawaban, cenderung memberi jawaban yang lebih banyak, menanggapi pertanyaan yang diajukan, mempunyai banyak pertanyaan, dan mampu menguraikan sesuatu secara terperinci. Prestasi belajar matematika siswa mengalami peningkatan yang dilihat dari rata-rata skor tes siklus pada kelas X MIPA MA Bahrul Ulum yaitu dari 62.74 menjadi 79.84. Prestasi belajar siswa dapat tercapai dari adanya perubahan tindakan yang dilakukan dengan mengubah pembelajaran sebelumnya.


Kata kunci: TAI, Kreativitas, Prestasi Belajar

Article Details

Section
Articles

References

Abdul halim F, Moch. Masykur. 2007. Mathematical Intelegence (Cara Cerdas Melatih Otak dan Menanggulangi Kesulitan Belajar). Yogyakarta: ar Ruzz Media

Amal abdul Salam Alhalili, Mengembangkan Kreativitas Anak, (Jakarta: Pustaka Alkautsar, 2005), hal 124

Azwar, Saifuddin. 1998. Metode Penelitian. Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Arifin, Zainal. 2009. Evaluasi Pembelajaran Prinsip, Teknik, Prosedur. Bandung, Remaja Rosda Karya

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Hamalik, Oemar. 2007. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Mulyasa, E. 2009. Praktik Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Remaja Rosda Karya

Munandar, Utami. 1999. Kretivitas & Keberbakatan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidika. .Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Shadiq, Fadjar. Bagaimana Cara Guru Matematika Menunjukkan Eksistensi Matematika? Bekal Untuk Para Calon Guru Matematika. Makalah ini disampaikan pada kuliah umum Fakultas

Sains dan Teknologi Prodi Pandidikan Matematika. tanggal 8 Mei 2009.

Slavin, Robert E. 2008. Cooperative Learning: Theory, Research, Practice, Bandung: Nusa Media

Sugiyono. 2008. Metode penelitian pendidikan. Bandung: CV. Alfabeta

Sudjono, Anas. 1998. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Syah, Muhibbin. 2004. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya

Tim Redaksi Fokus media.2008. Himpunan Peraturan Perundang-Undangan Tentang Guru Dan Dosen . Bandung: Fokusmedia

Wilis, Ratna D. 1989. Teori-Teori Belajar. Jakarta : P2LPTK

Wiriaatmadja, Rohiyati. 2007. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Remaja Rosda Karya