IMPLEMENTASI CHARACTER EDUCATION DENGAN MODEL PROGRAM ASRAMA BAGI MAHASISWA DI AKADEMI KEBIDANAN ALIFA PRINGSEWU LAMPUNG Indonesia

Main Article Content

Abdul Basit

Abstract

ABSTRACT
This study aims to determine the implementation of character education with a dormitory program model for students at the Alifa Pringsewu Midwifery Academy in Lampung. This type of research is qualitative research with descriptive analytical approach and data collection using observation, interview and documentation methods The results of this study are in the dormitory of the Alifa Pringsewu Midwifery Academy in Lampung, there are several character education programs, namely spiritual programs, personality development programs and character education programs that are integrated with the academic curriculum. The implementation of character education is by way of students being obliged to students to participate in activities from the spiritual program, personality development programs and taking courses in Islamic religious education in each semester and courses in Character Building. The implementation of character education has an impact on changes in attitudes / personality / morality of students both in campus life and life after graduation

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi character education dengan model program asrama bagi mahasiswa di Akademi Kebidanan Alifa Pringsewu Lampung. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan desktiptif analitik dan pengumpulan datanya dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini yaitu di asrama Akademi Kebidanan Alifa Pringsewu Lampung terdapat beberapa program pendidikan karakter yaitu program-program spiritual, program pengembangan kepribadian dan juga program pendidikan karakter yang terintegrasi dengan kurikulum akademik. Implementasi pendidikan karakter tersebut yaitu dengan cara mahasiswa diwajibkan kepada mahasiswa untuk ikut serta dalam kegiatan-kegiatan dari program spiritual, program pengembangan kepribadian dan mengambil mata kuliah pendidikan agama Islam di setiap semester dan mata kuliah Character Building. Dari pengimplentasian pendidikan karakter tersebut membawa dampak kepada perubahan sikap/ kepribadian/ akhlak mahasiswa baik dalam kehidupan kampus maupun kehidupan setelah lulus. Kata Kunci : Character Education, Pendidikan Karakter

Article Details

How to Cite
Abdul Basit. (2020). IMPLEMENTASI CHARACTER EDUCATION DENGAN MODEL PROGRAM ASRAMA BAGI MAHASISWA DI AKADEMI KEBIDANAN ALIFA PRINGSEWU LAMPUNG : Indonesia. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Al-Idarah, 4(1), 1–6. https://doi.org/10.54892/jmpialidarah.v4i1.40
Section
Articles

References

Akbid Alifa. 2016. Buku Panduan Tata Tertib Asrama Akbid Alifa Pringsewu, Pringsewu : Akbid Alifa . Buku Panduan Akademik Akbid Alifa Pringsewu, Pringsewu : Akbid Alifa

Daryanto & Suryatri Darmiatun. 2013. Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Gava Media

Fadlillah, M & Khorida, L.M. 2013. Pendidikan Karakter Anak Usia Dini Konsedan Aplikasinya Dalam Paud. Yogjakarta: ArRuzz Media

Moleong, 2007. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung : Remaja Rosdakaya

Mulyasa. 2012. Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Undang-undang RI No 20 Tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional

Yolanda Riesya Shabrina, 2018, Dekadensi Moral di Indonesia, Online : (https://dcommers.wordpress.com/2018/05/1 9/dekadensi-moral-di-indonesia/ diakses pada tanggal 28 November 2018)