KONSEP DASAR MANAJEMEN LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM

Main Article Content

Luluk Muzayyanah
Slamet Ariyanto
Rustam Ibrahim

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis konsep dasar manajemen lembaga pendidikan Islam. Metode yang digunakan yaitu termasuk dalam kategori penelitian kepustakaan (library research) merupakan jenis penelitian yang pembahasanya mengkaji dari teori-teori literatur yang terkait dengan data-data yang dibutuhkan dalam suatu penelitian yang ditelaah dan ditelusuri dari sumber kepustakaan, karna dalam hal ini yang dikaji yaitu konsep dasar manajemen lembaga pendidikan Islam maka penelitian ini termasuk dalam kualitatif deskriptif yaitu data yang dihasilkan berupa kata-kata, gambar bukan angka. Hasil penelitian menunjukan bahwa konsep dasar lembaga pendidikan islam yaitu suatu konsep yang bersumber dari AL-Qur’an dan Hadis Nabi dalam penelitian ini terjadi melalui 4 proses Planning(Perencanaan) Beberapa hal yang perlu disiapkan dalam perencanaan antara lain: merumuskan tujuan, memprediksi permasalahan-permasalahan yang kemungkinan muncul, mengumpulkan data informasi yang diperlukan secara tepat, merumuskan dan menentukan tahap-tahap kegiatan, merumuskan pemecahan masalah, merumuskan bagaimana sutau pekerjaan bisa diselesaikan secara efektif dan efisien, Setelah planning atau perencanaan kemudian Organizing (pengorganisasian) Proses pengorganisasian untuk menciptakan organsasi yang dinamis diantara Hal-hal yang dapat dilakukan dalam proses pengorganisasian adalah membagi pekerjaan ke dalam tugas-tugas yang bersifat operasional, melakukan pengelompokan tugas dalam setiap posisi secara proporsional, melakukan penggabungan jabatan operasional ke dalam unit yang saling berkaitan, menempatkan orang untuk bekerja sesuai dengan kapasitasnya, menyesuaikan wewenang dan tanggungjawab bagi setiap anggota, menyediakan fasilitas bagi pegawai, memastikan bahwa organisasi berjalan sesuai dengan petunjuk dan pengawasan, lalu setelah itu proses Actuating (Penggerakan) Dalam proses ini di ambil alih oleh pemimpin untuk mengelola seluruh SDM yang ada setelah itu proses selanjutnya adalah Controlling (Pengawasan) Pengawasan di lingkungan LPI diartikan sebagai usaha yang sistemasis seorang kepala LPI dalam memonitor, menilai, dan membina aktivitas proses belajar mengajar agar berjalan sesuai dengan rencana yang telah disepakati dan mencapai hasil yang maksimal.

Article Details

How to Cite
Muzayyanah, L. ., Ariyanto, S., & Ibrahim, R. (2023). KONSEP DASAR MANAJEMEN LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM . Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Al-Idarah, 8(02), 19–27. https://doi.org/10.54892/jmpialidarah.v8i02.322
Section
Articles

References

Feiby Ismail, M. H. dan J. W. (2012). MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM. Bandung: MEDIA SAINS INDONESIA.

Hakim, R. (2023). Konsep Manajemen Kepemimpinan Dalam Perspektif Ibnu Khaldun. UIN RMS Surakarta.

Ma’arif, Syamsul, Lilik Novijanti, Nuril huda, dan L. H. (2003). Manajemen Lembaga Pendidikan Islam. Surabaya: IAIN SA Press.

Mansyur. (2020). KONSEP DASAR MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM. EL-IDARAH: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(6), 4–19.

Munardji. (2009). Manajemen Lembaga Pendidikan Islam. Jakarta: Alim’s Publishing.

Musolin, M. (2019). Sadd Adz-Dzarâi’: Konsep dan Aplikasi Manajemen Pendidikan Islam. MANAGERIA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(1), 71–84. https://doi.org/10.14421/manageria.2019.41-05

Musyaffa, K. dan. (2020). Manajemen Pendidikan Islam Kontemporer. Bandung: Oman Publishing.

Nasution, F. (2019). Konsep Dasar Manajemen Islam. dalam Jurnal Tadbir, Volume 1(2), 201–202.

Penyusun, T. (19999). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Sodiah, S. (2016). Manajemen Lembaga Pendidikan Islam Berbasis Masyarakat Dan Sekolah. Sosial Budaya, 13(1), 89–100.

Syaban, M. (2022). KONSEP DASAR MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM Marwan Syaban. Jurnal Kajian Perempuan, Gender, dan Agama, 12 Nomor 2, 131–141.

Wijaya, R. H. dan C. (2017). Ayat-Ayat Tentang Manajemen Pendidikan Islam. Medan: LPPPI.

Yunus, A. B. D. (2021). Manajemen Pendidikan Islam: Konsep, Prinsip dan Ruang Lingkup. Indramyu: Adanu Abimata.