MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI SMK PELITA GEDONG TATAAN Indonesia

Main Article Content

Rih Ayuningsih
Muhtarom Muhtarom
Syeh Al Ngarifin

Abstract

Abstract This study aims to determine the implementation of Human Resource Management in SMK Pelita Gedong Tataan District Pesawaran. To know the successful implementation of Human Resource Management related to the development of teacher professionalism and discipline in order to improve the quality of education in SMK Pelita Gedong Tataan. This research is a qualitative field research with data collection techniques that are: observation, interview, and documentation. Data analysis in this research is descriptive analysis technique. In implementing Human Resource Management, steps taken by SMK Pelita Gedong Tataan begins with planning everything that will be done in improving the quality of education, such as with the recruitment and selection of educators and education, then planning is organized according to the needs of the school. The next step is the implementation of a predetermined plan and guidance then supervision and evaluation is the final step in implementing Human Resource Management related to teacher professional development and discipline in order to improve the quality of education. Implementation of Human Resource Management in an effort to improve the quality of education in SMK Pelita Gedong Tataan Gedong Tataan District Pesawaran Regency has been quite successful in improving the quality of education. This is indicated by the passing rate of students who reach one hundred percent.


Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi MSDM di SMK Pelita Gedong Tataan Kebupaten Pesawaran. Untuk mengetahui keberhasilan penerapan MSDM terkait pengembangan profesionalisme guru dan kedisiplinan dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan di SMK Pelita Gedong Tataan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif lapangan dengan teknik pengumpulan data yaitu: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini berupa teknik analisis deskriptif. Dalam mengimplementasikan Manajemen Sumber Daya Manusia, langkah langkah yang dilakukan SMK Pelita Gedong Tataan diawali dengan merencanakan segala sesuatu yang akan dilakukan dalam meningkatkan mutu pendidikan, seperti dengan adanya rekrutmen dan seleksi terhadap tenaga pendidik dan kependidikan, kemudian perencanaan tersebut diorganisir sesuai kebutuhan sekolah. Langkah langkah selanjutnya adalah pelaksanaan dari rencana yang telah ditetapkan dan pengarahan kemudian pengawasan serta evaluasi merupakan langkah akhir dalam mengimplementasikan Manajemen Sumber Daya Manusia terkait pengembangan profesioanalisme guru dan kedisiplinan dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan. Implementasi Manajemen Sumber Daya Manusia dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan di SMK Pelita Gedong Tataan Kecamatan Gedong Tataan Kabupaten Pesawaran telah cukup berhasil meningkatkan mutu pendidikan. Hal ini terindikasi dari tingkat kelulusan siswa yang mencapai seratus persen.

Kata Kunci: Manajemen, Sumber Daya Manusia, Mutu

Article Details

How to Cite
Rih Ayuningsih, Muhtarom, M., & Syeh Al Ngarifin. (2020). MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI SMK PELITA GEDONG TATAAN : Indonesia. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Al-Idarah, 3(1), 24–31. https://doi.org/10.54892/jmpialidarah.v3i1.31
Section
Articles

References

Abdul Hadis, Nurhayati, 2012, Manajemen Mutu Pendidikan,Bandung: Alfabeta. Abdurrahman Fathoni, 2009, Organisasoi Dan Mnajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Rineka Cipta. Abu Bakar & Nurjan. 2009. Profesi Keguruan. Surabaya:Aprinta. Anisari, A., Purwanti, E., & Masrur, M. (2017). Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Di Smp Nurul Islam Kelurahan Garuntang Kecamatan Bumi Waras Kota Bandar Lampung. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Al-Idarah, 1(1), 1-9. Dean, Megarry, 2007, Membangun Profesionalisme Guru, Bandung: Yrama Widya. Husaini Usman. 2013. Manajemen Teori, Praktek, dan Riset Pendidikan (Edisi Empat), Bumi Aksara. Kusuma, N., & Purwanti, E. (2017). Pengaruh Kompetensi Pedagogik Dan Manajemen Pembelajaran Terhadap Penjaminan Mutu Pada Universitas Sang Bumi Ruwa Jurai Lampung. Indonesian Journal Of Educational Counseling, 1(2), 209-226. Malayu Hasibuan. 2013. Manajemen Sumber Daya Manusia Edisi Revisi. Jakarta:Bumi Aksara. Milkivich and Boudreau. 1997. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: PT Citra Aditya.

Mondi Noe and Premeaux. 1999. Manajmen Pendidikan,. Jakarta: Gramedia. Qoni’ah, N., Irawan, D., & Purwanti, E. (2017). Penerapan Manajemen Sumber Daya Manusia (Msdm) Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Di Smk Yasmida Ambarawa Kabupaten Pringsewu. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Al-Idarah, 2(2), 46-53. Robert dan Jackson. 2011. manajemenn Umum. Jakarta: Bumi Aksara. Shertian. 2008. Konsep Dsar & Teknik Supervisi Pendidikan Dalam Rangangka pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta:Rineka Cipta. Syarifuddin, Nurdin, Basyiruddin Usman. 2003. Guru Provesional & Implementasi Kurikulum, Jakarta: Ciputat Press. Uno Hamzah B.. 2007. Profesi Kependidikan. Jakarta : Bumi Aksara. UU Setandar Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2005. Tentang Pembangunan Pendidikan Nasional. Uhar Saputra Tersedia : http//uharsaputra.Wordpress.com) , diunduh tanggal 15 Agustus 2015

Most read articles by the same author(s)