PENGELOLAAN PAUD DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI TK PERTIWI METRO

Main Article Content

Apriliana Nurulita Nur Fauzi
Riswandi
Herpratiwi
Ulwan Syafrudin

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengelolaan PAUD dalam meningkatkan mutu pendidikan di TK Pertiwi Metro. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Penelitian dilaksanakan di TK Pertiwi Metro pada semester genap tahun pelajaran 2021/ 2022. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Informan kunci penelitian yaitu kepala sekolah dan informan pendukung yaitu wakil kepala sekolah, pendidik dan satpam. Hasil penelitian ini adalah mutu pendidikan di TK Pertiwi Metro sudah bermutu, dikarenakan perencanaan standar proses dan standar pengelolaan sudah disusun berdasarkan pada visi, misi dan tujuan TK Pertiwi Metro. Pengorganisasian standar pendidik dan tenaga kependidikan sesuai dengan kualifikasi akademik, kompetensi dan diorganisasikan berdasarkan kebutuhan sekolah. Kepala sekolah sebagai pemimpin berperan sebagai komunikator dan motivator dalam mengarahkan dan menggerakkan pendidik dan tenaga kependidikan. Pengawasan dilakukan sesuai dengan Permendikbud nomor 137 tahun 2014 mencakup kegiatan supervisi, evaluasi, pelaporan dan tindak lanjut hasil pengawasan. Selain itu, sinergi input yang terencana diproses dengan maksimal sehingga menghasilkan output berupa peserta didik yang siap memasuki pendidikan dasar.

Article Details

How to Cite
Nur Fauzi, A. N., Riswandi, Herpratiwi, & Syafrudin, U. . (2023). PENGELOLAAN PAUD DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI TK PERTIWI METRO . Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Al-Idarah, 8(02), 43–49. https://doi.org/10.54892/jmpialidarah.v8i02.308
Section
Articles

References

Aisah, D. S., Ulfah, U., Damayanti, W. K., & Barlian, U. C. (2021). Manajemen PAUD Berdaya Saing Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(1), 385–397.

Bustami, Murniati, & Zahri Harun, C. (2012). Manajemen Pendidikan PAUD Al- Fath Sabang. Jurnal Administrasi Pendidikan Program Pascasarjana Unsyiah, 1(2), 1–12.

Fauzi, A. N. N., Drupadi, R., & Syafrudin, U. (2021). Pemahaman Guru PAUD Terhadap Pembelajaran Membaca Permulaan AUD. … : Journal of Islamic Early …, 4(1), 17–25. http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/KINDERGARTEN/article/view/11959.

Hartono, H. (2019). Supervisi Berkala Dalam Upaya Meningkatkan Pengelolaan Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Se Kecamatan Driyorejo Tahun 2018. Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 19(1), 26–38. https://doi.org/10.30651/didaktis.v19i1.2553.

Kadarisman, K., & Idris, S. (2019). Orientasi Mutu Pendidikan Manajemen Berbasis Sekolah. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 9(2), 471–486. https://doi.org/10.22373/jm.v9i2.5314.

Kardianto Indra Purnomo. (2021). Verifikasi Pemetaan Mutu Pada Satuan Pendidikan Anak Usia Dini Dan Pendidikan Masyarakat Kabupaten Cilacap Dalam Persiapan Akreditasi Lembaga. JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 2(1), 179–188. https://doi.org/10.37339/jurpikat.v2i1.531

Permendikbud Nomor 137. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014 Tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Sangadji, K. (2020). Pentingnya Pengelolaan Dalam Meningkatkan Kualitas Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Maluku. Jurnal Ilmiah PATITA –BPPAUD Dan Dikmas Maluku, 7, 77–84.

Sudrajat, C. J., Agustin, M., Kurniawati, L., & Karsa, D. (2020). Strategi Kepala TK dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan pada Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 508–520. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.582.

Suharni. (2019). Manajemen Pendidikan Anak Usia Dini pada PAUD Bintang Rabbani Pekanbaru. Jurnal Ilmiah Potensia, 4(1), 1–5.

Yani, I. (2020). Penerapan Fungsi Manajemen Dalam Memenuhi Standar Pengelolaan Satuan Pendidikan Nonformal. VISI: Jurnal Ilmiah PTK PNF, 15(2), 175–188. https://doi.org/10.21009/jiv.1502.9