STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN DI SMP NURUL ISLAM KELURAHAN GARUNTANG KECAMATAN BUMI WARAS KOTA BANDAR LAMPUNG Indonesia

Main Article Content

Ani Sari
Eri Purwanti
Moh. Masrur

Abstract

Abstract

The purpose of this study was to determine the strategy Principal in improving the quality of learning in junior Nurul Islam Village Garuntang Earth Sane District of Bandar Lampung. Data analysis is descriptive qualitative analysis that emphasizes the meaning, reasoning, the definition of a given situation (in certain contexts) and describes what about the behavior of the object being studied. Data collector is observation, interview and documentation. As for the conclusions using inductive thinking approach is thought that departs from the facts or specific events later on the facts particular to be withdrawn generalizations that have common properties. Results and analysis can be concluded that the Headmaster had carried out various strategies to enhance the quality of learning in junior Nurul Islam Village Garuntang District of Earth Sane Bandar Lampung that motivate teachers to be creative and innovative in teaching and learning, include teacher training activities, workshops, seminars and others to increase the knowledge and insights of teachers in education, emphasized discipline in terms of utilization of time learning, creation of learning tools and clothing, supervision (supervision) in the preparation of learning tools as well as in the implementation of learning in the classroom and additional hours of special lessons for the subjects of Islamic education because material is vast.

Keywords: Strategy Principal, the quality of learning



Abstrak Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi Kepala Sekolah dalam meningkatkan mutu pembelajaran di SMP Nurul Islam Kelurahan Garuntang Kecamatan Bumi Waras Kota Bandar Lampung. analisis data yang digunakan adalah analisa kualitatif deskriptif yaitu analisis data yang menekankan pada makna, penalaran, definisi suatu situasi tertentu (dalam konteks tertentu) serta menggambarkan apa adanya mengenai perilaku obyek yang sedang diteliti. Alat pengumpul data yang digunakan adalah observasi, interview dan dokumentasi. Adapun dalam pengambilan kesimpulan menggunakan pendekatan berfikir induktif yaitu pemikiran yang berangkat dari fakta-fakta atau peristiwa-peristiwa khusus kemudian dari fakta-fakta yang khusus tersebut ditarik generalisasi-generalisasi yang mempunyai sifat umum. Hasil dan analisis data dapat disimpulkan bahwa Kepala Sekolah telah melakukan berbagai macam strategi dalam meningkatkan mutu pembelajaran di SMP Nurul Islam Kelurahan Garuntang Kecamatan Bumi Waras Kota Bandar Lampung yaitu memotivasi guru untuk kreatif dan inovatif dalam proses belajar mengajar, mengikutkan guru dalam kegiatan pelatihan, workshop, seminar dan lain sebagainya untuk menambah pengetahuan dan wawasan guru dalam dunia pendidikan, menekankan kedisiplinan dari segi pemanfaatan waktu belajar, pembuatan perangkat pembelajaran maupun pakaian, melakukan supervisi (pengawasan) dalam hal penyusunan perangkat pembelajaran maupun dalam pelaksanaan pembelajaran di kelas dan penambahan jam pelajaran khusus untuk mata pelajaran Pendidikan Agama Islam karena materinya sangat luas.

Kata kunci : Strategi Kepala Sekolah, mutu pembelajaran

Article Details

Section
Articles

References

DAFTAR PUSTAKA

E. Mulyasa, Menjadi Kepala Sekolah Profesional dalam Konteks Menyukseskan MBS dan KBK, (Bandung: Remaja Rosda Karya, 2005), cet. V, hal. 31. ---------------, Memahami Tugas Kepala Sekolah sebagai Supervisi, (Jakarta: Gressindo, 2004), hal. 79 Hartono Kasmadi, Peningkatan Mutu Pembelajaran Pendidikan, (Bandung: Armico, 2003), hal. 24. Pudji Muljono, Manajemen Pembelajaran Quantum Teaching, (Jakarta: Balai Pustaka, 2006), hal. 29. Pudji Muljono, Manajemen Pembelajaran Quantum Teaching, (Jakarta: Balai Pustaka, 2006). Sagala, Syaiful, Tinjauan Umum tentang Pembelajaran yang Efisien dan Efektif, (Jakarta: Pustaka Pelajar, 2003). Syaiful Sagala, Tinjauan Umum tentang Pembelajaran yang Efisien dan Efektif, (Jakarta: Pustaka Pelajar, 2003), hal. 61 Tim Penyusun, Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, (Bandung: Citra Umbara, 2004), hal. 3

https://www.taralite.com/artikel/post/kualitaspendidikan-indonesia-di-mata-dunia, diunduh tanggal 26 oktober 2016. https://m.tempo.co/read/news/2013/12/06/1735352 56/mutu-pendidikan-indonesia-terendah-didunia, diunduh tanggal 26 oktober 2016.