MANAJEMEN PERPUSTAKAAN SEBAGAI PENUNJANG HASIL BELAJAR SISWA DI MA NURUL HUDA PRINGSEWU KABUPATEN PRINGSEWU Indonesia

Main Article Content

Waqingah Husniyah
Moh Masrur
Salamun

Abstract

Abstract



Libraries as educational institutions and information provider institutions will have a good performance if supported by adequate management, so that all activities of the institution will lead to efforts to achieve the goals that have been declared. Based on the description above, the researcher is interested to examine more deeply about library management as supporting student learning outcomes. There are five purposes in this research are: (1) describing the meaning of library; (2) describe library technical services; (3) describe library reader services; (4) describe the benefits of libraries for school residents; And (5) to describe the involvement of citizens in the provision of libraries in MA Nurul Huda Pringsewu. Kab. Pringsewu. This research was conducted in MA Nurul Huda Pringsewu. Kab. Pringsewu.dengan using a qualitative approach with case study design. Data collection techniques used include: (1) participant observation; (2) indepth interviews; And (3) documentation study. Checking the validity of data conducted in this study in several ways, namely: (1) persistence observation; (2) triangulation; And (3) member checks.





Abstrak

Perpustakaan sebagai lembaga pendidikan dan lembaga penyedia informasi akan memiliki kinerja yang baik apabila didukung dengan manajemen yang memadai, sehingga seluruh aktivitas lembaga akan mengarah pada upaya pencapaian tujuan yang telah dicanangkan. Berdasarkan uraian diatas maka peneliti tertarik untuk menelaah lebih dalam tentang manajemen perpustakaan sebagai penunjang hasil belajar siswa. Ada lima tujuan dalam penelitian ini yaitu: (1) mendeskripsikan pengertian perpustakaan; (2) mendeskripsikan layanan teknis perpustakaan; (3) mendeskripsikan layanan pembaca perpustakaan; (4) mendeskripsikan manfaat perpustakaan bagi warga sekolah; dan (5) mendeskripsikan keterlibatan warga dalam penyelenggaraan perpustakaan di MA Nurul Huda Pringsewu. Kab. Pringsewu. Penelitian ini dilakukan di MA Nurul Huda Pringsewu. Kab. Pringsewu.dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi: (1) observasi partisipasi; (2) wawancara mendalam; dan (3) studi dokumentasi. Pengecekan keabsahan data yang dilakukan dalam penelitian ini dengan beberapa cara yaitu: (1) ketekunan pengamatan; (2) triangulasi; dan (3) pengecekan anggota.

Kata Kunci: Manajemen, Perpustakaan.

Article Details

How to Cite
Waqingah Husniyah, Moh Masrur, & Salamun. (2020). MANAJEMEN PERPUSTAKAAN SEBAGAI PENUNJANG HASIL BELAJAR SISWA DI MA NURUL HUDA PRINGSEWU KABUPATEN PRINGSEWU : Indonesia. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Al-Idarah, 2(1), 29–34. https://doi.org/10.54892/jmpialidarah.v2i1.25
Section
Articles

References

Akbar,Ma’ruf. Bahan Kuliyah Metodologi Penelitian, Jakarta : Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta. 2008. Al-Wasilah, Pokok-Pokok Penelitian Kualitatif, (Jakarta : Dunia Pustaka Jaya, 2006) Hal. 195 Buchari Zainudin, DR. Organisasi Sekolah dan Manajemen, Balai Aksara, Jakarta. Dirjen Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah, 2005. Panduan Sekolah Potensi Menjadi Sekolah Standar Nasional (SSN). Jakarta Direktorat Pembina SMP. Hadari Nawawi, DR; Administrasi Pendidikan, Gunung Agung, Jakarta, 1981 Hasibun, H. Melayu. 2006. Manajemen Dasar Pengertian dan Masalah. Jakarta : Bumi Aksara. Ismed Syarif, Drs. Dan Nawas Risa, Drs; Administrasi Pendidikan Sekolah Dasar,, Roda Pengetahuan, Jakarta, 1976. Kaswan. 2011. Pelatihan dan Pengembangan untuk Meningkatkan Kerja SDM. Bandung : Alfabeta Kortono, Kartini. 2003. Pemimpin dan Kepemimpinan, Apakah Pemimpin Abnormal Itu?. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada. Leksy, J. Melong, metode penelitian kualitatif, Bandung : PT. Remaja Rosda Persada Perss, 2007, Cet. Ke-2. Mulyasa, E. 2006. Menjadi Guru Profesional Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Mulyasa. E. 2007 Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Noor, Juliansyah. Metodologi Penelitian, (Jakarta : Prenadamedia Group, 2014), Cet. Ke-4, Hal. 163 Rohiat, Manajemen Sekolah (Bandung: Refika Aditama, 2012) Cet. Ke-4 Hal. 47.

Sugiono, Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan R&D, (Bandung: Alfabeta, 2014), Cet. Ke-21, Hal. 32. Suryosubroto, B. Manajemen Pendidikan di Sekolah ( Jakarta : Rineka Cipta, 2010) Hal. 202 Sutopo, H.B. 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif, Surakarta, Universitas Sebelas Maret Syaiful Bahri Djamarah. 2005. Guru dan Anak Didik. Jakarta: Penerbit Rineka Cipta. Wahjosumidjo. 2006. Kepemimpinan Kepala Sekolah, Tinjauan Teoritik dan Permsasalahannya, Jakarta: Penerbit PT Raja Grafindo Persada.

Tim Penyusun Kamus Pustaka, Kamus Besar bahasa Indonesia Edisi 3(Jakarta : Balai Pustaka, 2002) Hal. 52. Winardi. 2000. Kepemimpinan Dalam Manajemen. Jakarta: Penerbit Rineka Cipta.