Al-Ibda: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
AL-IBDA merupakan jurnal pendidikan dan pembelajaran dasar yang dikelola oleh Program Studi PGMI STIT Pringsewu. Jurnal ini terbit dua kali dalam satu tahun, yaitu pada bulan Maret dan September. Jurnal AL-IBDA menjadi sarana bagi peneliti, akademisi, dan praktisi yang tertarik dengan kajian pendidikan dan pembelajaran dasar, dan berkeinginan untuk menyalurkan pemikiran dan temuannya, terutama yang berkaitan dengan kajian dalam bidang studi sekolah dasar atau madrasah ibtidaiyah. Artikel yang dimuat adalah hasil penelitian, telaah ilmiah dan kritis serta komprehensif atas isu penting dan terkini yang tercakup dalam pembidangan jurnal.Fokus dan skopnya meliputi beberapa bidang kajian yang berhubungan dengan pendidikan dasar yaitu: IPA, IPS, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Bahasa Arab, Matematika, dan Pendidikan Jasmani.
Current Issue
Vol. 4 No. 2 (2024): JURNAL PGMI Al-IBDA'
Pada edisi kali ini, kami memaparkan enam naskah artikel yang mampu menjadi referensi ilmiah bagi para pembaca. Naskah pertama membahas tentang Penerapan Metode Role Playing Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Siswa. Kemudian pada artikel kedua membahas tentang Penerapan Metode Role Playing Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Siswa.
Pada artikel selanjutnya membahas tentang Peningkatan Hasil Belajar Siswa Penghitungan Pembagian Dua Angka Melalui Penerapan Model Pembelajaran Direct Instruction. Kemudian Topik lain yang tersaji pada edisi ini adalah Kompetensi Profesional Guru Dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka Belajar. Topik lain yang tersaji pada edisi ini Penerapan Model Lempar Bola Salju Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa. Pada artikel yang terakhir membahas tentang Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Analitis Siswa Dalam Pelajaran Pendidikan Agama Islam.
Published: September-2024